Migrasi Delicious Bookmarking

May 07, 2011

Reading time ~1 minute

Synchronize BookmarkSynchronize Bookmark

Beberapa waktu yang lalu teknologi bookmarking sudah mulai jatuh bangun, salah satunya adalah delicious, dimana yahoo menjual online bookmark tools ini dan melepaskanya ke provider yang baru yaitu Avos. Selain itu, firefox 4 browser juga kini dilengkapi dengan tools untuk online bookmark, memungkinkan kita untuk melakukan sinkronisasi bookmark kita secara online.

Kelanjutan dari Bookmark delicious menyebabkan aplikasi add on delicious bookmark di firefox berhenti begitu saja, karena dia dikembangkan oleh Yahoo Inc’. Bagi saya yang menggunakan bookmark dengan online bookmark tentu saja akan menjadi masalah, karena saya tidak dapat melakukan bookmark di delicious saya melalui firefox. Dengan demikian saya terfikir untuk bermigrasi.

Dimulai dari melakukan export delicious bookmark ke html, ternyata fungsi bookmark html delicious jelek sekali, dia mengeksport keseluruhan link bookmark saya secara campur aduk, dimana tag, dan teks ikut campur aduk, begitu saya import ke firefox bookmark menyebabkan bookmark saya semakin kacau balau. Stress dengan itu saya mencari jalan bagaimana caranya menyelamatkan bookmark saya ke tempat lain.

Ternyata gmail bookmark kali ini memiliki fitur baru, yaitu mengimpor delicious bookmark, wah saya merasa terselamatkan, kita hanya perlu memasukan username dan password account delicious saja dan biarkan gmail membereskanya. Akhirnya semua bookmark tersimpan dengan rapih seperti sediakalahnya, bravo untuk google, mengetahui saat yang tepat untuk mengeluarkan tools untuk bermigrasi bookmark.

Namun sayang nya saya masih belum puas dengan firefox add on bookmark gmail, (tidak seperti delicious yang saya miliki dulu) akhirnya saya masih tetap kesulitan menggunakanya. Kemudian satu satunya jalan, saya harus menggunakan bookmark tools firefox secara langsung, kemudian saya export semua bookmark yang saya miliki di gmail dan voila! bookmark tersebut ter export dengan rapih dan bagus.

Gmail sekali lagi menjadi pahlawan dalam hidup saya, sekarang saya memiliki bookmark yang dapat di sync dimana saja.

comments powered by Disqus