Merakit PC Mac OSX (overview)

June 29, 2010

Reading time ~4 minutes

Upgrade OS dengan 15 fitur yang Handal dan murah!Upgrade OS dengan 15 fitur yang Handal dan murah!

Bagi yang intrested untuk membeli PC baru, dan kompatible dengan mac OSX maka anda wajib mengikuti guide tutorial ini. Kali ini teknoinfo akan memberikan beberapa edisi khusus untuk merakit pc dengan OS mac OSX, untuk itu ada beberapa alasan kenapa kita memilih OSX untuk menggunakan PC.

Alasan utama menggunakan mac sebagai PC kita adalah karena mac OSX saat ini sudah menggunakan arsitektur intel sehingga processor intel/amd dapat menjalankan OS ini dengan baik, selain itu, Unix adalah OS yang paling advance di dunia, sekuriti nya tidak perlu di pertanyakan lagi, stabilitas OS nya, managemen memory nya, sudah pasti lebih tangguh, Lihat saja Linux, sayang Interface dan software linux membuat kita tidak tertarik dengan Varian unix yang satu ini.

Selain karena kita tidak mampu membeli apple hardware, sayang nya apple tidak memberi solusi untuk memilih OS nya saja daripada hardwarenya.

Keuntungan menggunakan Mac OSX.

  1. Harga OS nya yang jelas lebih murah daripada windows 7 ultimate
  2. Unix based, nggak perlu antivirus, bagi yang punya warnet, cocok banget, install, deploy dan forget, ngga perlu pake embel embel software antivirus, anti spyware, dan anti anti lainya (yah kalo mau dibikin warnet yak)
  3. Udah ada backup restore, yah anggap aja apes, tinggal di restore aja mau ke tanggal berapa ? dan yang jelas restore mac beda dengan Windows.
  4. Stable, walaupun Win7 sekarang lebih stable, mac tetap stable, untuk membuktikan stable atau ngga, benchmark pengalaman kami, membuka 22 tab Firefox browser, Ms Word, Ms Excel, Adobe photoshop, Ilustrator, dan Indesign dengan memory 4GB, terjadi Lag pada mac, saat switching apps aja, pas di dalam apps nya, smooth…. menu menu nya ngga nge lag.
  5. Tinggal pakai dan lebih banyak luang waktu untuk berkarya dengan PC anda, lupakan harus maintain update antivirus, update ini itu…

Sebelum merakit PC Mac OSX.

Sebelum ngerakit, tentu aja ada beberapa hal yang mesti dilakukan, yaitu perencanaan nya dulu, untuk itu beberapa hal yang harus kita ketahui yaitu melakukan survey dulu terhadap kompabilitas hardware dengan Apple hardware. Survey terhadap hardware ini tidak mudah di temukan, kita harus membaca dan sharing beberapa pengalaman dari yang sudah menggunakan PC MAC OSX ini.

Survey

Beberapa rule tentang merakit PC Mac,

  1. Kita ngga bisa memakai spek hardware yang kita suka, mesti yang mirip dengan apple hardware, biasanya yang bakal anda temukan spek pc terlalu murah dan terlalu mahal.
  2. Motherboard adalah spek yang paling penting, lakukan survey dengan kompabilitas motherboard, dan pastikan OSX mengenali semua hardware dan chips yang ada di motherboard.
  3. Graphic card juga menjadi hal yang penting, untuk diperhatikan, kalau yang onboard, Intel GMA, sayang Chips ini ga bakal bisa run di 64bit, so lakukan survey lagi GC anda!
  4. Sata Harddisk, memory dan processor, adalah kebebasan kita memilih hardware.
  5. Apple keyboard lebih bagus, minimal usb mouse dan keyboard, mac ngga pakai PS 2.
  6. Pastikan power supply nya sanggup menghidupkan semua device itu.
  7. Optical disk Sata juga harus, lupakan IDE.
  8. 100% Kompatible dengan Windows, jadi jangan kuatir, hardware anda tetap bisa jalankan Windows (DualBoot).

Bahan bahan survey, bisa  bermain di website HCL, Insanely Mac, dan OSX86project.

Rakit PC!

Setelah survey, pc tersebut di rakit, hal ini ngga menjadi sesuatu yang rumit, karena tidak ada trik khusus merakit PC nya. Baca artikel teknoinfo sebelumnya tentang merakit PC.

Install Mac OSX

Partisi harddisk

Sebelum menginstall OSX, mempartisi hardisk adalah hal yang paling signifikan yang perlu anda lakukan, cara ter aman jika anda ingin dual boot adalah menginstall 2 harddisk yang berbeda, jika tidak maka anda harus merencanakan partisi dan trik partisi di mac OSX.

Install

Saat ini adalah saat yang akan menyita waktu kita, karena walaupun graphic card kita chips nya sama tapi beda merk, mungkin tidak akan berjalan dengan baik di mac, ada banyak metode menginstall driver yang perlu anda ketahui (akan kita bahas nanti). Beberapa metode install MAC OSX terdiri dari:

  1. Install Via USB FlashDisk –> paling gampang
  2. Install Via Mac OSX Installation disk + cd Boot
  3. Install Via Harddisk (cocok untuk yang sudah ada PC MAC OSX sebelumnya)
  4. Install Via VM-Ware (not recommend karena banyak troubleshoot)

Option 1 dan 2 adalah trik yang paling gampang kita lakukan.

Install Driver Mac OSX.

Setelah berhasil mac osx terinstall, OSX tersebut ibarat masih seperti bayi permatur, membutuhkan banyak driver dan modifikasi driver untuk membuatnya jalan, dan kadang anda mengacaukan sistem nya, membuat anda harus menginstall ulang berkali kali…

Update Mac OSX

Kalau semua selesai, anda baru dapat mengupdate OSX anda langsung!

Dual Boot

Jika anda menginginkan windows untuk berjalan, maka anda dapat menggunakan dual boot pada mac, dengan menggunakan easy bcd untuk windows, dan chameleon, adalah cara yang paling mudah dan cepat untuk melakukan hal ini.

Nantikan episode selanjutnya, keep coming to teknoinfo.

comments powered by Disqus