Merakit PC Mac OSX: Memilih Hardware

July 08, 2010

Reading time ~4 minutes

OSX dengan PC RakitanOSX dengan PC Rakitan

Kali ini tekno akan membahas tentang cara melakukan survey untuk memilih hardware yang tepat untuk mac OSX. [intlink id=”3308″ type=”post”]Sebagai lanjutan pada edisi sebelumnya[/intlink], melakukan survey terhadap hardware yang akan anda pilih untuk merakit mac OSX adalah sangat penting dan sangat perlu, karena tidak semua hardware kompatible dengan OSX, sehingga melakukan survey ketersediaan hardware, dan plan B jika hardware tidak tersedia adalah sangat penting untuk di perhatikan.

Kesalahan memilih hardware atau in kompatible, akan menyebabkan OSX anda tidak akan stable dan beberapa komponen akan tidak dapat berjalan dengan semestinya.

Hardware compability.

Untuk hardware compability, biasanya dapat kita lihat dari komputer apple yang ada saat ini, karena saat ini Apple sudah menggunakan processor Intel, maka dengan demikian kemungkinan hardware yang “mirip” dapat kita gunakan tidak menutup kemungkinan bagi para pengguna PC untuk menjalankan OSX di platform nya.

Bagaimana cara menentukan hardware yang compatible ?

Satu satunya cara yang paling mudah adalah dengan cara berbagi pengalaman, ada ribuan orang yang sudah mencoba untuk menginstall dan menjalankan OSX dengan berbagai jenis hardware, processor dan lainya, sehingga dengan bantuan mereka kita dapat melihat hardware yang kita miliki akankah kompatible atau tidak.

Cek hardware kompabilitas melalui HCL.

osx86project dapat menjadi panutan dan acuan kita untuk melakukan survey dan memilih hardware, karena semua orang yang berhasil menginstall OSX akan meninggalkan referensinya disini, yang perlu kita ketahui cara menggunakan dan membaca web ini saja.  untuk melihat kompabilitas hardware mac kita dapat membaca halaman web tersebut.

Untuk melihat hardware compability list (HCL) terbagi beberapa section, tergantung dari versi OSX yang digunakan.

Jika anda ingin lebih advance lagi, anda dapat mencari jenis board, chipset, dan sub komponen motherboard dengan referensi komponen mac OSX, dan mencari motherboard yang memiliki fitur yang mirip, untuk melakukan ini mungkin anda dapat mememanfaatkan google untuk membantu anda. Mac pada dasarnya hampir sama, menggunakan Intel Chipset, Menggunakan Audio Controller, Sata Controller, Network card controller dan juga Chipset yang ada pada motherboard, cara lain mungkin anda bisa dapatkan informasi tersebut melalui mac milik teman atau relatif anda.

Prioritas hardware

Untuk merakit pc OSX, kita perlu mengatur prioritas kelengkapan hardware, dimana kita harus memprioritaskan beberapa komponen pc untuk dirakit ketimbang komponen yang lain, susunan prioritas komponen tersebut terdiri dari:

  1. Motherboard, Motherboard adalah komponen yang paling vital untuk OSX, karena didalam motherboard terdapat chipset dan driver yang mesti di install agar dapat menjalankan OSX, salah memilih motherboard dapat mengakibatkan beberapa komponen motherboard tidak bekerja dengan baik.
  2. Graphic Card, Graphic card menjadi urutan kedua karena OSX tidak dapat mengenali semua jenis graphic card, walaupun chipset nya sama, terkadang ada beberapa merk yang sudah sangat kompatibel, ada juga yang tidak sama sekali.
  3. Mouse dan Keyboard, mouse dan keyboard usb akan lebih baik anda gunakan ketimbang memilih mouse dan keyboard ps2, karena anda tidak akan memerlukan driver khusus untuk menjalankanya, apalagi kalau mouse dan keyboard anda sudah kompatibel dengan mac akan lebih baik.
  4. Memory, Memory mengisi tempat ke 4, karena anda harus memerhatikan jenis memory yang akan anda dukung untuk pc anda.
  5. PowerSupply, komponen power supply akan menjadi sangat penting untuk anda pilih dan prioritaskan, karena power supply anda akan bertanggung jawab untuk memberi kehidupan pada pc rakitan anda nantinya.
  6. Processor, Processor mungkin kebanyakan akan lebih bebas, anda dapat memilih hampir semua jenis Intel processor untuk dapat menjalankan OSX anda.
  7. Harddisk, bebas anda gunakan untuk semua jenis disk, namun untuk SSD mungkin anda akan memerlukan driver khusus.
  8. OSX tidak selalu membutuhkan monitor yang spesifik, anda dapat memasangkan monitor apa saja untuk OSX, kalau anda ingin menikmati citarasa warna dan kecerahan OSX, anda dapat mempertimbangkan untuk membeli IPS panel.
  9. Komponen pendukung lainya, seperti casing, speaker, webcam, bluetooth dan sebagainya.

Beberapa contoh spesifikasi PC OSX.

Karena yang menjadi prioritas utama motherboard dan graphic card, maka tekno akan memberikan beberapa contoh spesifikasi berdasarkan prioritas 1 dan 2, sedangkan untuk prioritas komponen berikutnya dapat anda kombinasikan sendiri.

PC Low End

  • Gigabyte GA-G31M-ES2L Rev 1.x, Gigabyte GA-G31M-S2L atau GA-G41M-ES2L rev 1.1
  • GC NVIDIA 8400GS 256MB brand (PNY, Foxconn, XFX 512mb dan Leadtex 512mb)

PC Mid Range

  • ASUS P5QL-Pro, P5Q Turbo, dan P5K Premium/Wifi-AP, Gigabyte GA-EP45-DS3R, dan juga Gigabyte GA-EP45-UD3R.
  • ATI Radeon HD 4850 512mb (HIS, Sapphire, atau Geforce 9600GT (Gainward, Sparkle).

PC High End

  • Gigabyte GA-P55M-UD4, GIGABYTE GA-P55A-UD4P, GIGABYTE GA-P55A-UD7 atau ASUS P7P55 WS SuperComputer, ASUS P7P55D PRO, ASUS Maximus III Formula.
  • Gigabyte 9800 GT 1GB Silent Cell Edition, EVGA GTX 260 Core 216, XFX HD 4870 1GB, Sapphire HD 4870 X2 1GB, Visiontek HD 4890 1024MB, EVGA Co-op GTX 295 1792M, Asus GTX 285 1024M.

Jika semua sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah melakukan survey harga ke berbagai toko komputer, pastikan anda mendapatkan harga termurah untuk komponen tersebut. Membeli 1 persatu komponen di lain toko komputer mampu membantu anda mengurangi budget anda dalam membeli pc, walaupun menguras cukup tenaga untuk melakukan hal tersebut.

Nantikan lanjutan berikutnya hanya di TeknoInfo

comments powered by Disqus