Merakit PC Mac OSX: Instalasi OSX pada PC Rakitan

August 16, 2010

Reading time ~12 minutes

Instalasi Snow LeopardInstalasi Snow Leopard

Setelah kita mempelajari seputar sistem operasi OSX ini, maka kali ini tekno akan membagi tutorial tentang instalasi OSX pada PC yang telah kita rakit sebelumnya. Dalam fase instalasi ini, ada beberapa metode instalasi yang dapat kita lakukan, bergantung dengan spesifikasi, sumber, yang akan kita gunakan. Metode termudah melakukan instalasi ini adalah dengan memanfaatkan usb boot disk, dengan menggunakan usb boot disk, maka dengan mudah kita dapat memodifikasi file jika terjadi driver conflict.

1. Persiapan

Sebelum melakukan instalasi OSX ini, kita memerlukan beberapa persiapan, software / hardware. Beberapa persiapan penting yang perlu kita lakukan sebelum melakukan instalasi OSX pada adalah sebagai berikut:

  1. BIOS
  2. Partisi
  3. Mendapatkan DVD Instalasi OSX
  4. USB Flash Disk 8GB
  5. DVD Blank dan DVD Dual Layer Blank
  6. CD Blank
  7. Mac OSX yang sudah ada sebelumnya

TeknoInfo melakukan Instalasi dengan menggunakan spesifikasi PC sebagai berikut:

ASUS P5QL Pro dengan menggunakan BIOS versi 1004
4GB RAM DDR2 1066Mhz Corsair
Intel Core 2 Duo E8400 3.0 GHZ
500gb SATA HDD
Ati Radeon HD4870 512MB Gddr5

2. BIOS

Anda harus memastikan BIOS anda telah menggunakan versi yang telah ditentukan, biasanya BIOS versi terakhir sudah dapat mengenali dan melakukan boot pada OSX DVD, selain itu untuk beberapa BIOS ASUS mungkin memerlukan BIOS yang sudah dimodifikasi, jangan khawatir komputer anda tidak akan rusak dengan modifikasi BIOS ini karena ASUS sudah dilengkapi dengan EZ BIOS yang memberikan kenyamanan kita untuk melakukan Flash BIOS berkali kali. (Tekno telah melakukan flash BIOS lebih dari 20x tampa masalah).

Untuk mengetahui Versi Bios apa yang anda perlukan, maka anda dapat melihat referensi dari iNsanely MAC dan juga TonyMac.

3. Partisi

Pada step ini bagian partisi adalah bagian yang paling penting untuk menginstall mac OSX, apalagi kalau kita menginginkan Dual Boot pada harddisk yang sama. Untuk menginstall mac OSX, anda memerlukan beberapa trik khusus dalam menginstall mac. Kesalahan partisi dapat menyebabkan kita untuk mengulang proses instalasi ini dari awal, atau bahkan kehilangan data anda. Membuat partisi sangat bermanfaat jika anda menginginkan fungsi dual boot pada OS anda dari Mac ke Windows misalnya.

Cara termudah untuk membuat dual boot ini adalah dengan menginstall OS pada masing masing harddisk, namun jika kita hanya memiliki 1 harddisk, berarti kita harus mempartisi disk tersebut.

Trik Partisi Mac OSX.

Untuk partisi harddisk harus dilakukan melalui OSX Partition tools, karena, OSX partition tools memungkinkan kita untuk membuat GUID partition. Sehingga, pada disk yang sudah ada, kita dapat membuat 2 atau 3 partisi, tergantung pilihan kita.

Kali ini teknoinfo membuat 2 partisi, yaitu 1 Mac OSX (journalled), dan FAT32 (untuk installasi Windows). Dengan demikian, saat kita Boot ke dalam DVD instalasi OSX, maka klik Utilities -> Disk Utilities dan Partition. Trik Partisi ini akan di jelaskan lebih lanjut pada topik yang tersendiri.

4. Mendapatkan DVD Instalasi OSX

Cara termudah mendapatkan DVD instalasi OSX adalah dengan membelinya di Toko toko Apple Mac, harga OS nya cukup murah dibanding Windows hanya 29$ untuk Snow leopard, jika menginginkan sekaligus paket office dan aplikasi multimedia lainya kita dapat membeli Mac Box Set yang dibandrol seharga 169$. Maraknya situs situs hosting file menyebabkan DVD OSX ini mudah didapatkan dengan cara memanfaatkan google untuk mencari “OS X 10.6 Snow Leopard Universal v3.5” ataupun “OSX Snow Leopard 10.6.0 Install DVD”, namun OS yang anda gunakan nantinya bukanlah OS Original.

5. Metode Install dengan DVD BootDisk

OS X 10.6 Snow Leopard Universal v3.5

Jika anda berhasil mendapatkan DVD OSX ini, maka anda memerlukan Mac OSX untuk memburn DVD OSX tersebut kedalam DVD Dual layer anda, atau juga melakukan restore pada USB Flash Disk anda. Kita dapat menggunakan PowerIso/Magic ISO untuk memburn MacOSX kedalam DVD. Untuk memburn langsung kedalam DVD anda, anda memerlukan “OS X 10.6 Snow Leopard Universal v3.5” karena OS ini telah di desain khusus untuk mampu melakukan boot pada PC anda secara langsung yang secara otomatis mampu mengenali BIOS anda.

6. Metode Install dengan USB

Menginstall dengan menggunakan USB adalah cara yang termudah untuk dilakukan, namun untuk ini kita memerlukan Mac OSX untuk mengkstrak DVD Installer kedalam FlashDisk, ataupun beberapa ada yang berhasil dengan menggunakan PowerIso, atau UltraIso dan Software imaging lainya.

OSX Snow Leopard 10.6.0 Install DVD

Jika anda menggunakan OSX Snow Leopard 10.6.0 Install DVD, maka anda memerlukan Mac OSX yang sudah ada sebelumnya, mengapa demikian ? karena kita harus memodifikasi DVD Image tersebut agar dapat melakukan boot pada PC yang akan kita lakukan. Anda dapat meminjam atau menumpang teman anda yang sudah menggunakan OSX atau anda dapat menjalankan OSX VMWARE Image (yang anda bisa dapatkan juga via Google).

Sehingga beberapa langkah yang perlu anda lakukan pada OSX anda adalah sebagai berikut.

  1. Pada koputer Mac OSX
  2. Convert DVD tersebut kedalam DVD Image (format DMG)
  3. Restore DVD anda kedalam FlashDrive dengan cara
    Klik Application -> Utilities -> Disk Utilities -> Restore (dan masukan source dan destination nya)
  4. Setelah sukses dengan restore DVD anda kedalam flash disk maka anda dapat memulai memodifikasi DVD image tersebut dengan cara mendownload Chameleon 2.0RC4.
  5. Install / Jalankan Chameleon 2.0 RC4.pkg
  6. Pilih lokasi instalasi pada USB Mac OSX yang sudah di restore dan Install.
  7. Setelah Instalasi selesai, Jangan restart dulu!, karena saat ini kita sudah memiliki direktori tambahan di USB yang disebut dengan extra.
  8. Pada fase ini, kita tinggal menaruh beberapa driver dan dissabler yang disebut dengan Kext kedalam direktori extra/extension pada USB. Beberapa File kext yang kita perlukan terdiri dari: 1. fakesmc.kext
  9. NullCPUPowerManagement.kext
  10. OpenHaltRestart.kext
  11. PlatformUUID.kext
  12. SleepEnabler.kext
  13. EvoEnabler.Kext -> Download Manual melalui kext.com
  14. Kopi semua file tersebut kedalam direktori Extra didalam USB anda, Ketika ada authentikasi, masukan username dan password user yang anda gunakan.
  15. Kopi juga seluruh direktori misc kedalam USB thumbdrive kita.
  16. Jika proses kopi/replace selesai, maka selanjutnya eject USB drive dari Mac OSX dan siap digunakan untuk Boot.

7. Instalasi OSX

Jika persiapan sudah selesai, langkah berikutnya untuk melakukan instalasi OSX. Untuk memulai Instalasi, Masukan usb disk anda kedalam pc, dan masuk kedalam BIOS. Sebelum melakukan instalasi, kita harus merubah beberapa setting BIOS agar OSX dapat berjalan dengan stabil dan benar.

Setting Bios

Setting Bios diperlukan khusus nya ketika OSX mengenali motherboard kita, agar OSX dapat menjalankan dan menggunakan fungsi motherboard kita dengan benar, kita harus merubah setting dari Motherboard tersebut mengikuti setting yang ada pada OSX.

Setting Bios yang diperlukan adalah:

  • ACPI dan AHCI harus dalam enabled
  • Boot priority set ke USB
  • SATA HDD terpasang pada SATA port yang pertama
  • Patch BIOS ke versi 1004

Jika langkah ini selesai langkah berikutnya adalah:

  1. Pastikan USB flash disk anda sudah terpasang didalam port PC
  2. Restart the PC dan Boot kedalam USB
  3. Saat kita memasuki Chameleon boot menu. tekan panah Kiri / Kanan dan pilih Boot Menu kedalam USB disk.
  4. ketik -f -v saat USB disk dalam keadaan ter seleksi, lalu tekan enter
  5. Jika berhasil, maka kita akan memasuki OSX installation menu.
  6. Pilih language, dan tekan ENTER.
  7. Pada dialog pertama menunjukan kalau kita siap untuk mengInstall Mac OS X namun pada fase ini Jangan klik Continue dulu, karena kita akan mulai memformat dan mempartisi harddisk pada fase ini dengan cara: 1. Pada bagian menu bar (atas), Klik Utilities dan pilih Disk Utility
  8. Pada bagian Disk Utility, ada list dari harddisk yang kita miliki pada window bagian kiri, highlight target hard disk tersebut (harddisknya bukan partisinya) untuk menginstall Snow Leopard.
  9. Klik tab Partition, dan pilih jumlah partisi yang akan kita set di hard disk tersebut. Kali ini tekno membuat 2 partisi, 220GB untuk OSX (Journaled) dan 100GB untuk Windows 7 (FAT). Pada bagian ini juga kita harus memastikan Nama partisi yang kita buat untuk menginstall OSX Snow Leopardpartition.
  10. Partisi Mac akan terbuat, namun jika anda ingin memastikan, pastikan tipe partisinya nya GUID, dan setelah itu klik Apply. Proses ini akan menghapus semua isi harddisk anda dan akan digunakan untuk Mac.
  11. Begitu proses ini selesai maka keluar dari Disk Utility.
  12. Kita akan kembali ke layar bagian awal, yang menampilkan Install Mac OS X.
  13. Saat ini kita dapat klik Continue
  14. Klik Agree pada dialog License Agreement
  15. Pilih target disk/Partisi yang ingin kita install OS X.
  16. Highlight disk tersebut dan klik Customize untuk memilih komponen yang tidak ingin kita install. Tekno memilih untuk tidak menginstall Language
  17. Klik tombol install dan kita akan memulai menginstall OS X.
  18. Proses instalasi ini akan selesai dalam waktu 45 menit, tergantung dengan package yang kita pilih saat install.

Setelah proses instalasi selesai maka kita akan melanjutkan ke langkah berikutnya. Saat proses install selesai, maka kita diharuskan untuk merestart OSX, lakukan restart, namun jangan cabut dulu USB flashdisk anda, biarkan PC kembali booting ke USB flashdisk, namun anda tekan panah kiri/kanan saat berada pada layar chameleon boot loader, ikuti langkah selanjutnya:

  1. Pilih/seleksi partisi OSX yang baru di install tadi
  2. Ketik -f -v dan tekan enter.
  3. OSX akan mulai me load OS nya untuk berjalan pada PC anda. Dalam hal ini akan ada 2 kemungkinan. 1. Anda berhasil Boot kedalam OSX, maka tidak ada langkah lain yang perlu dilakukan
  4. Anda tidak berhasil boot kedalam OSX, jika ini terjadi, maka kita harus menganalisa error nya apa (anda dapat mempaste error yang anda temui melalui comment tab ini), matikan PC anda, cabut USB anda, gunakan Apple Mac OSX sebelumnya untuk meng unload / load driver kext pada direktori extra.
  5. Jika OSX Snow Leopard sudah berjalan, anda akan melihat preview Video yang menakjubkan.
  6. Saat ini, kita akan melihat tampilan OSX ini masih sangat sederhana, karena driver dan grafik setting yang kita gunakan masih yang standard, maka pada fase ini kita akan menginstall driver driver yang ada pada OSX
  7. Lanjutkan wizard instalasi anda, buatlah username dan password untuk account Mac OSX anda.
  8. Jika proses ini selesai, maka anda akan masuk kedalam Snow Leopard Desktop

Didalam OSX Desktop

Pada fase ini, kita telah berhasil boot kedalam OSX, ini artinya OSX mampu mengenali hardware dasar yang ada pada motherboard, dengan demikian, kita perlu menginstal beberapa driver khusus untuk OSX ini, langkah langkah yang kita perlukan adalah:

  1. Set view preferences. Pada OSX Desktop tekan Win+, (command/windows+koma) untuk membuka Finder preferences. Cara lainya dapat dilakukan dengan klik pada menu Finder dan pilih Preferences.
  2. Pada Finder Preferences, pastikan semua cek box terpilih untuk menampilkan item pada desktop.
  3. Close Finder Preferences
  4. Double Klik pada thumbdrive yang ada di desktop. Kopi direktori Misc kedalam hard drive dengan cara drag-drop ikon (Misc) kedalam ikon hard disk (tempat dimana Snow Leopard terinstall)
  5. Setelah proses kopi selesai, eject USB anda dengan cara klik ikon USB dan highlight pada ikon tersebut dan klik kanan dan pilih menu, eject, atau tekan Win+E.
  6. Cabut USB flash disk anda dari USB port dan kita mungkin tidak akan memerlukanya lagi.
  7. Klik ikon finder di pojok paling kiri bawah, dan pada hard disk bukalah direktori Misc yang baru saja kita kopi.
  8. Didalam Misc folder tersebut, tekan Win+2 untuk merubah view menjadi Detailed. dan biarkan window ini terus terbuka.

Membuat OSX bootable.

Step sebelum ini, kita melakukan boot dengan menggunakan bantuan USB flash disk, dengan demikian kita sekali lagi akan mempatch partisi hardisk OSX yang sudah kita install dengan Chameleon package yang sudah tersimpan/terkopi dari USB kita.

  1. Pada Misc window didalam Finder, jalankan Chameleon install dengan mendouble click ikon Chameleon 2.0 RC4.pkg.
  2. Wizard akan mulai melakukan instalasi klik Continue
  3. Secara default Chameleon akan memilih install dimana Snow Leopard terinstal, lalu klik Instal
  4. Anda akan di prompt administrator account. Masukan administrator account dan password yang sudah anda buat saat OS X Snow Leopard install sebelumnya. Chameleon juga akan meminta restart setelah proses instalasi ini selesai. Klik Continue Installation.
  5. Setelah Chameleon selesai menginstall, Jangan klik Restart dulu!, minimize Chameleon install dengan cara menekan tombol (-) atau Win+M.
  6. Double-click ikon hard disk dari situ kita dapat melihat folder baru dengan nama Extra.
  7. Buka folder extra dan masuk kedalam folder Extension
  8. Buka window Finder yang baru dengan menekan Win+n dan buka Misc yang baru saja di kopikan tadi.
  9. Untuk Asus motherboard, Masuk ke dalam folder 02 – Drivers > Asus P5QL Pro ; Extensions Extra 64-bits & 32-Bits. Kopi semua 4 file ‘.kext’ kedalam Extensions folder yang masih kosong (drag and drop). Jika muncul prompt untuk authenticate, klik Authenticate dan masukan administrator. dan proses kopi akan dimulai.
  10. Klik kembali window Chameleon installation yang terletak pada bagian bawah kanan, dan anda dapat melanjutkan untuk merestart Mac OSX anda.
  11. Begitu PC restart, kita akan memasuki Chameleon bootloader secara otomatis, pada saat ini cepat tekan panah kiri/kanan dan highlight hard disk OSX. Ketik -v dan tekan untuk boot ke OS X.
  12. Jika tidak berhasil restart, berarti kita memerlukan beberapa driver tambahan untuk OSX tersebut, dengan demikian, lihat dan catat error yang muncul.
  13. Jika restart berhasil, maka kita akan masuk kedalam OSX.

Instalasi Driver.

Pada tahap ini, kita akan mulai menginstall Driver pada OSX. Untuk menginstall driver ini, kita memerlukan beberapa .kext yang mendukung hardware kita. Pastikan kita memiliki driver yang cocok dan sesuai.

  1. Pada OS X Desktop, Buka folder Misc dan jalankan program Kext Helper dengan cara double klik pada ikon 03 – Kext Helper b7.app icon, Tools ini akan membantu kita untuk menginstall driver pada OSX.
  2. Untuk Asus motherboard, didalam direktori Misc folder, anda masuk ke folder 02 – Drivers > Asus P5QL Pro ; Extensions System 64-bits & 32-Bits. Highlight ketiga .kext file dan drag file tersebut kedalam window Kext Helper. keterangan driver yang di Install terdiri dari: 1. VoodoHDA -> untuk sound
  3. OpenHaltRestart -> untuk fungsi restart
  4. Attansic* -> untuk network card
  5. Masukan password account anda pada password box didalam Kext Helper dan klik EASY INSTALL.
  6. Konfirmasi dengan yes
  7. Setelah itu anda dapat melakukan restart atau memeriksa network card anda sudah berfungsi atau tidak, dengan cara masuk klik logo Apple -> System preferences -> Network Preferences dan klik Apply.

Menginstall Graphic Card.

Untuk menginstal GC (Graphic Card) memerlukan bagian tersendiri karena cara menginstalnya sedikit berbeda, dan ada banyak jenis metode untuk menginstall Graphic Card. Kali ini Tekno menggunakan graphic card ATI Radeon HD4870 512mb merk Sapphire.

Cara menginstall Graphic Card untuk ati dapat mengikuti langkah berikut ini:

Download File Berikut ini:

  1. Download EvoEnabler dari Kext.com
  2. Download PC EFI 6
  3. Download Driver tambahan untuk ATI

Untuk mengaktifkan EvoEnabler, kita perlu meletakan file .kext tersebut ke direktori /Extra/Extensions setelah diletakan disitu, jalankan kext utility untuk mengupdate kext cache. Kemudian jangan restart dulu, kopi file com.apple.Boot.plist yang ada pada direktori extra, dan tambahkan line berikut ni

GraphicsEnabler Yes

Lalu, untuk mengupdate PC EFI 6, kita hanya perlu mengganti file (boot) yang ada pada disk mac osx atau pada direktori extra.

Jika proses ini selesai, kita bisa merestart OSX dan melihat hasilnya, Selamat mencoba!

comments powered by Disqus