Menyambut spesifikasi Energy Star 5.0

May 11, 2010

Reading time ~1 minute

Standard yang baru akan lebih hemat listrikStandard yang baru akan lebih hemat listrik

Apa yang ktia lihat saat kita menghidupkan PC pertama kali di layar monitor kita ? pastinya kita melihat logo energy star, seperti yang kita tahu, manusia semakin lama semakin memahami penggunakan energi, dan kita juga mengetahui bahwa panas bumi ini semakin meningkat, untuk itu dibuatlah standard Energy Star agar produk elektronik yang di gunakan lebih efisien terhadap sumber daya, terutama monitor CRT pada zaman dahulu, pada awal May ini Energy Star 4.0 standard untuk televisi di dunia sudah mulai di terapakan, standard ini diumumkan sejak September akhir tahun yang lalu, dan kali ini sudah mulai berjalan.

Dengan standard yang baru “penggunaan maksimum dari penggunaan daya pada Energy Star TV akan menurun hingga 40 percent.” setelah 1 May yang lalu, semua televisi televisions akan menggunakan standard Energy Star logo jika peralatan elektronik itu memenuhi persyaratan Energy Star 4.0 protocol, sementara untuk model yang tidak memenuhi kriteria akan dihilangkan dari undang undang EPA konstitusional sebagai televisi yang compliant.

Jika 40% merupakan peningkatan yang tinggi, hal ini terjadi karena Energy Star 3.0 tidak memiliki peningkatan yang begitu signifikan. Saat ini pada standard ES 4.0 berarti 50″ HDTV tidak akan mampu menggandeng Energy Star logo karena televisi ini menggunakan daya hingga 153 Watt, yang berarti sudah mencapai standard versi 3.0. Standard  yang baru ini juga memiliki aturan kalau televisi akan mengurangi daya hingga 1 watt saat sleep atau standby mode”

Para TV makers seperti Panasonic, Samsung, Sharp, Sony, dan Vizio juga sudah siap memasarkan televisi dengan ES 4.0-compliant, dengan demikian standard berikutnya yaitu Energy Star 5.0 akan mulai godok dan di umumkan juga pada May 2010, yang berarti bahwa nantinya televisi 50″ harus memiliki penggunaan daya hingga 105 Watt maksimum saat dihidupkan.

comments powered by Disqus