Menyambut OSX Lion Cara Baru Apple Menjual Server

May 12, 2011

Reading time ~1 minute

OSX Lion Server, gratis!OSX Lion Server, gratis!

Lion adalah OS terbaru dari Mac OS X yang akan dirilis pada akhir tahun ini. Apple saat ini sudah mengeluarkan developer preview beberapa minggu yang lalu untuk memperkenalkan — Mac OS X Lion Server. Mac OS X Lion Server sekarang telah menjadi Core dari of OS X Lion dan akan di include dalam 1 Bundle OS tampa extra cost. Sehingga kita dapat mensetup Mac anda untuk menjadi Mac OS X client ataupun Server saat melakukan OS installation.

Begitu Mac anda menjadi server anda dapat melakukan beberapa operasi admnistrasi server secara local ataupun remote dan mengimplementasikan berbagai macam fitur server yang sudah terdapat di dalamnya, seperti konfigurasi users and group, file sharing, contact, chat, Time Machine, VPN, mail, calendaring, push notification, web, juga wikipedia dan nantinya semua service akan berjalan under Mac OS X Lion Server.

Dukungan OS canggih ini juga sudah mendukung Apple iPad. Dengan memanfaatkan Profile Manager kita akan memperoleh kemudahan akan proses setup dan management Mac dan semua device iOS (iPhone, iPad, dan juga iPod touch). Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan network directory service, dan yang paling canggih lagi adalah adanya kemampuan push update kedalam mobile devices secara “over the air” dengan menggunakan Apple Push Notification service.

Jika Apple menggunakan strategi ini, apa yang akan terjadi ? mungkin kita tidak akan tahu, karena sampai saat ini sangat jarang OS yang menyediakan 1 instalasi untuk Server ataupun Client. Dengan konfigurasi OS seperti ini, ini berarti para pengguna OSX dapat dengan mudah bermigrasi ataupun sekedar mencoba Server tampa harus membeli lisensi kuhsus, tidak memerlukan OS khusus server pula. Hal ini adalah ide yang sangat brilian bagi Apple yang memiliki strategi untuk mempackage OS sedemikian rupa, namun perlu diketahui, apakah ini tidak akan mengundang proses cracking jadi lebih mudah ? Kita tunggu saja nanti tanggal mainya.

comments powered by Disqus