Menyambut Gelisah AMD Final Phenom II

May 09, 2011

Reading time ~2 minutes

AMD X4 980AMD X4 980

Bagi anda fans AMD maka sebentar lagi anda akan menerima kedatangan prosesor baru Final Phenom II, dengan kecepatan 3.7 GHz, quad-core Phenom II X4 980 diharapkan dapat mengalahkan Intel Processor dari sisi performance dan harga. AMD telah memulai untuk melakukan kompetisi produknya dengan cara menggalakan produk low-end Fusion CPU+GPU systems-on-chips (SOCs), namun ternyata teknologi tersebut masih belum mmampu menjawab dalam segi performance yang tinggi. Pada beberapa minggu yang lalu akhirnya Phenom II family (45 nm) keluar juga, Prosesor yang termasuk high-end dari jajaran AMD budget Athlon II.  Perlahan AMD akan mengganti chip ini dengan arsitektur yang baru disebut sebut dengan *Bulldozer* (32 nm). Chip yang baru ini disebut juga dengan AMD Phenom II X4-980 Black Edition.

Kemampuan

Dipersenjatai 4 core dengan kecepatan at 3.7 GHz, dan dilengkapi memory controller, HyperTransport controller, dan juga L3 cache yang bekerja dengan kecepatan 2 GHz, tampa menggunakan trik overclocking.  Prosesor ini masih menggunakan AM3 socket board dan akan kompatible juga dengan board AM3+ dimasa mendatang, ini adalah kabar gembira bagi anda yang menginginkan untuk mengupgrade processor!.

Sayangnya dari berbagai macam test uji benchmark kompetitor terdekat dari sisi arsitekturnya disandingkan dengan i5-2400,  X4-980 mengalami performance yang buruk baik dari segi synthetic benchmarks dan juga game.  i5-2400 (3.1 GHz standard, 3.7 GHz “Turbo Mode”) adalah sebuah Sandy Bridge (32 nm) chip besutan Intel yang mengalahkan telak prosesor ini saat di uji oleh AnandTech.

Harga

Antara i7-860 dengan X4-980 kebanyakan dipakai untuk aplikasi dengan prosesing yang tinggi ataupun gaming.  Sehingga walaubagaimanapun Intel chip mengalahkan AMD chip dari sisi performance, namun penilaian berikutnya yang menjadi pertimbangan adalah harga, chip ini diperkirakan akan memiliki kisaran harga $195 USD.  Namun jika harga sedemikian maka harga ini terpaut tipis dengan AMD X6-1090T yang hanya memiliki perbedaan harga $5, sehingga dalam range $200 USD kita dapat memiliki 6 core multi-thread.

Sedangkan jika mengintip Sandy Bridge, ini sangat mengenaskan dimana processor Intel terbaru ini quad-core i5-2400 hanya di bandrol $190 USD. Jadi apakah AMD memiliki kesempatan untuk bernafas kali ini ? atau mungkinkah ia akan menjatuhkan harganya kembali ?

comments powered by Disqus