Menuju ke era 4G

December 16, 2009

Reading time ~2 minutes

samsung 4g lte dongleSebuah perusahaan dari swedia baru baru ini menawarkan teknologi 4G mobile broadband services untuk para konsumernya. Service ini disebut sebut dengan “killer user experience”. TeliaSonera AB akan memulai debut menjalankan service ini untuk beberapa bulan kedepan, dimulai dari Stockholm, Swedia dan juga Oslo, Norway, hingga ke seluruh negara bagian pada akhir tahun. Saat di luncurkanya teknologi ini tidak ada satupun device yang kompatibel untuk teknologi ini, apalagi handset nya sehingga service ini untuk sementara waktu akan dapat dinikmati melalui laptop dengan menggunakan dedicated USB dongle yang di produksi oleh Samsung.

Secara teoritis 4G broadband dapat mencapai kecepatan 100 megabits per second. atau dengan kata lain 12.5 MBps, yang kali ini sudah dapat disamakan dengan fixed-line broadband yang ada saat ini di seluruh dunia.

Dengan adanya teknologi 4G ini nantinya akan ada banyak perubahan yang dapat dinikmati oleh user dibandingkan dengan teknologi 3G, selain hanya meningkatnya kecepatan download. Seperti halnya perpindahan dari 2G menjadi 3G, banyak fitur telekomunikasi baru yang mulai hidup misalnya kemampuan streaming video dan bahkan melalukan even video messaging. Sedangkan perubahan dari 3G ke 4G secara teoritis tentu saja akan memungkinkan kita untuk mendapatkan resolusi video yang lebih baik, dan tentu saja yang menjadi bottle neck nantinya adalah layar screen handset kita. Jika menggunakan laptop tentu saja ini cerita yang lain.

Fitur yang akan dirasakan dengan menggunakan 4G misalnya saja kemampuan videoconferencing untuk beberapa partisipan dan meningkatnya kualitas online gaming.  Yang menjadi masalah dalam 4G market adalah bagaimana customer dapat menikmati semua kecepatan tersebut jika mereka di batasi oleh monthly data use. Namun jika tidak dibatasi, maka pastinya user akan mem push kapasitas network mencapai limit nya. Pada teknologi 4G awal ini, kabarnya kalau 4G dongle tidak akan mensupport penerimaan sinyal 3G, ini berarti jika kita menggunakan 4G maka untuk mensupport 3G kita membutuhkan 2 buah dongle, dan ini tentu saja tidak praktis. Dual-format dongle kabarnya tidak akan tersedia hingga pertengahan tahun 2010.

Saat penawaran ini dilakukan, pelanggan diberikan free modem untuk 6 bulan pertama bersamaan dengan harga trial sebesar 4 kroner (atau 56 US cents) perbulan. pada bulan July, harganya akan berubah menjadi standard dengan harga 500 kroner ($70) perbulan.

comments powered by Disqus