Mengirim data melalui gelombang suara

May 04, 2009

Reading time ~2 minutes

Image from http://syntheticparadox.deviantart.comImage from http://syntheticparadox.deviantart.com

Jika anda masih teringat dengan modem bukan cable modem atau DSL modem, yang secara teknis bisa dikatakan sebagai network bridge. Atau disebut juga dengan analog modem, yang pas saat konek pasti membuat suara bising yang aneh, dan begitu telefon diterima anda langsung terhubung ke Internet, ya begitulah kira kira modem line telefon jaman dulu ketika kita ingin terhubung ke internet, modem yang disebut singkatan dari “modulate / demodulate”, adalah sebutan bagaimana modem itu bekerja , yaitu dengan mengirimkan modulasi data kedalam bentuk suara sound untuk di transmisikan melalui telefon, dan penerima modem juga akan mendomudulasikan suara itu kembalil menjadi data. Lalu apa yang menarik dari inspirasi ini ?

Ini berarti anda dapat melakukan transfer files diantara 2 PC dengan menggunakan soundcard dan beberapa skill programming, wow… bagaimana caranya ?

Viktor Lofgren menjelaskan secara detail, bagaimana menggunakan soundcard untuk melakukan transfer file. Beberapa peringatan dari Mr. Lofgren, adalah:

Jangan gunakan program dengan menggunakan headphones on. karena program ini akan mengeluarkan suara noise yang sangat tinggi, dan program ini mampu membuat noise di luar batas speaker headphone yang anda miliki. Selain dapat merusak pendengaran anda headphone anda juga tentunya akan menjadi aneh.

Secara mendasar, teknik mengirimkan data melalui gelombang suara menggunakan trik seperti ini:

Setiap karakter, bit, pulsa pendek akan di konversi menjadi bit is 1, sedangkan pulsa panjang menjadi bits 0, kemudian mengirimkan suara diam, lalu program akan mengirimkan pulsa yang sangat panjang (4 x dari pulsa terpendek),dan mengirimkan suara diam kembali.

Dengan menggenerate data menjadi bentuk suara dan mengirimkanya ke dalam speaker adalah sangat mudah. Namun menerima suara tersebut melalui microphone yang terhubung ke computer dan mentranslasikanya kembali menjadi data adalah hal yang cukup sulit. Sebaiknya anda baca postinganya viktor untuk mengetahui lebih detail jika anda tertarik.

Jika begini, tidak memungkinkan di masa depan  nanti kita akan melihat mp3 yang di enkripsi menjadi data, ternyata didalamnya file pdf ? wow….. ataupun orang menggunakan suara musik untuk mengirimkan data.. wow..

comments powered by Disqus