Mengenal Solusi BI (Business Intelligence)

March 11, 2011

Reading time ~10 minutes

mengenal BImengenal BI

Terlambatnya pelaporan keuntungan yang didapat oleh sebuah perusahaan merupakan hal yang paling tidak disukai oleh para top management dalam bisnis mereka. Oleh sebab itu diperlukan sebuah teknologi yang sangat mature dan mampu memberikan pelaporan aspek bisnis yang pintar untuk para management eksekutif, agar dapat melihat peluang dan mengambil keputusan bisnis mereka dengan lebih akurat. Oleh sebab itu solusi akan BI menjadi kebutuhan baru bagi para top management untuk memacu proses pengambilan keputusan yang lebih akurat.

Dilansir dari blog jaehapni BI merupakan:

Business Intelligence Software (BI) secara singkat juga dikenal sebagai dashboard. Secara umum BI berfungsi seperti halnya dashboard kendaraan. BI memberikan metrik (ukuran-ukuran) yang menentukan performa kendaraan (organisasi). BI juga memberikan informasi kondisi internal, seperti halnya suhu pada kendaraan. Dan BI juga memberikan sinyal-sinyal pada pengemudi bila terjadi kesalahan pada kendaraan, seperti bila bensin akan habis pada kendaraan. Semuanya berguna bagi pengemudi agar mampu mengendalikan kendaraannya dengan lebih baik dan mampu membuat keputusan yang tepat dengan lebih cepat. Pada prakteknya, BI akan berfungsi sebagai alat analisis, sekaligus memberikan rekomendasi pada user terhadap tindakan yang sebaiknya diambil.

BI saat ini telah berkembang begitu pesat, konsep BI telah berkembang sedemikian rupa hingga dapat membantu para management eksekutif bisnis untuk mengambil keputusan strategi bisnis mereka. Menurut laporan Forrester: Saat ini, BI telah melibatkan aspek “metodologi, proses, arsitektur, dan teknologi khusus” yang memungkinkan kita untuk mengubah data mentah menjadi bermakna dan menjadikanya informasi yang sangat berguna.

Dengan adanya BI, para eksekutif bisnis akan memiliki tempat untuk melaksanakan analisis strategi bisnis yang benar-benar berguna untuk tujuan bisnis organisasi mereka. Hanya dengan alat yang tepat, pelatihan yang tepat, orang yang tepat, dan budaya inovasi analisis yang tepat. Mereka dapat mengubah informasi menjadi sumber daya untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis.

Dengan memanfaatkan BI, para eksekutif bisnis nantinya akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan melalui analisis data. Misalnya, berdasarkan catatan Lucker, analisis data dapat membantu kita mengidentifikasi proses kebocoran bisnis di mana melesetnya kesempatan kita untuk memaksimalkan berbagai bentuk  kesempatan (seperti produk yang lebih baik, harga, rantai pasokan, penjualan, layanan pelanggan, dan wawasan pelanggan).

Banyak perusahaan telah berinvestasi untuk ERP (enterprise resource planning) selama dekade terakhir ini dalam upaya untuk mencapai proses bisnis yang terstruktur dan rapih, akan tetapi hasilnya tidak selalu cukup. Menurut Bill Jeffery, Chief Technology dari Tatum (www.tatumllc.com). “[ERP] memberikan efisiensi proses bisnis transaksi dengan baik tapi kurang memberi wawasan kepada management eksekutif bisnis untuk mengetahui kinerja bisnis terhadap strategi bisnis atau kurang memberikan informasi mengenai bagaimana keadaan bisnis itu terhadap persaingan pasar. BI dapat memanfaatkan investasi ERP ini dan meningkatkan nilai TI untuk dapat memberikan apa yang kita sebut dengan ‘wawasan bisnis, “ungkap Jeffery.

BI Sebagai Tools Pintar Bisnis Anda

Banyak produk tools BI ditawarkan tools untuk para manager, sehingga kebanyakan mereka akan kewalahan mencari produk BI yang sesuai untuk lingkungan perusahaan mereka. Namun dari pandangan mata, BI terurai menjadi sebuah bagian dasar. Inti dari sistem BI adalah metode untuk mengumpulkan dan menyimpan data yang akan digunakan untuk analisis. Ide pengumpulan data akan diproses oleh software dan akan mulai mengumpulkan data dan menyimpannya di gudang data, dalam hal ini disimpan pada sisi server, meskipun beberapa aplikasi BI tidak selalu membutuhkan sebuah gudang data. Beberapa perusahaan memilih proses bisnis nya hanya dengan melakukan dump data mereka ke dalam spreadsheet, metode ini menjalankan risiko karena menciptakan “spreadmart”, sebuah situasi dimana set data yang bervariasi melalui beberapa spreadsheet. Dalam spreadmart akan memungkinkan terjadinya data yang sama dari berbagai spreadsheet, tetapi memiliki nilai yang berbeda pada setiap spreadsheet.

Untuk menghindari resiko terjebak dalam kondisi tumpang tindih data (data yang sama dalam spreadsheet yang berbeda), banyak para konsultan IT merekomendasikan memperbaiki proses bisnis anda dengan menggunakan alat pelaporan yang lebih memadai, yang menyediakan dashboard, scorecard, analisis ad hoc query, dan lainnya.

Dengan menggunakan tools yang benar, managemen data akan berlangsung dengan lebih teratur misalnya saja para developer dari Oracle,  Actuate, Endeca, StoredIQ, dan lainya yang memberikan tools utility untuk meng ekstrak dan mengatur data perusahaan anda untuk di analisis. Beberapa diantaranya memiliki kemampuan yang tinggi misalnya kemampuan nya dalam mengupdate data yang cepat dan kemampuan melakukan pencaharian data yang di filter secara spesifik.

Tentu saja BI tools dapat melakukan hal ini semua, mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk data yang berasal dari luar perusahaan itu sendiri. Sehingga mengambil data memproses nya dan menampilkanya dalam bentuk dashboard, score card adalah bagian dari proses sistematis yang ada pada BI.

Mendapatkan BI yang tepat

BI dapat ditemukan dari berbagai sumber, memilih sumber yang tepat adalah tugas anda, banyak perusahaan memberikan solusi BI untuk perusahaan anda misalnya saja IBM yang sudah lama memberikan solusi bisnis BI untuk mereka sendiri.

RIM (Research in Motion)

Blackberry RIM memberikan solusi BI dengan tujuan anda untuk meng eliminasi penggunaan desktop PC untuk melakukan proses BI anda. RIM memiliki partner yang saat ini termasuk market leader untuk solusi BI ini untuk di implementasikan didalam infrastruktur Blackberry Enterprise Server seperti: *Business Object Mobile dari SAP***Cognos 8 Go! Mobile akan memberikan anda kemudahan mengakses pelaporan BI anda secara metrik dan realtime dari handset blackberry anda. Berikutnya adalah , dengan ini akan membantu anda mengakses solusi BI dari IBM Cognos 8 untuk membaca report.

Dell

Dell menawarkan 2 jenis solusi yaitu Data warehousing, dan juga integrasi langsung dengan sistem BI dari Oracle, Microsoft dan SAP, Dell juga memiliki Custom BI untuk mereka sendiri. Sebagai tambahan Dell juga memberikan penawaran penyimpanan data melalui cloud untuk menghindari anda dari masalah akan kebutuhan kapasitas data ketika data BI anda menjadi menjadi sangat besar.

Dengan menggunakan Aster Data Analytics Cloud yang digabung dengan teknologi Dell PowerEdge C series yang di integrasikan dengan Aster Data nCluster akan memberikan kemampuan parallel processing yang tinggi dalam memproses data dalam volume yang sangat besar.

Solusi lainya dari Dell seperti GreenPlum Data Cloud Solution juga menggunakan Dell PowerEdge C server yang di usung dengan software bawaan dari GreenPlum software. Software ini akan memungkinkan anda untuk menjalankan solusi BI dengan banyak database yang membuat anda dapat mengelompokan data (data mart) dalam 1 platform database anda.

HP

HP juga menawarkan berbagai jenis solusi untuk BI dimulai dari tingkat hardware hingga custom software design. HP membangun sistem BI data warehouse dalam beberapa platform komputasi, termasuk diantaranya HP Integrity dan juga ProLiant server. HP juga menawarkan Neoview Advantage Enterprise Data Warehouse untuk membuat paralalel database platform.

Neoview ini menggunakan non stop transactional SQL/MX database platform yang memungkinkan kita untuk melakukan query dan memproses data yang sangat besar dalam waktu yang cepat.  Neoview juga memiliki solusi BI untuk beberapa jenis bisnis yang sudah ada misalnya, Data Business Intelligence for CIO yang memungkinkan para CIO untuk memonitor, meningkatkan efisiensi dari cost, dan proses, menganalisis efek finansial, hingga melakukan forecast.

IBM

IBM memiliki 2 jenis solusi BI yaitu data warehousing dan juga analytic. Dengan menggunakan platform database DB2 IBM kedua solusi ini dapat berkolaborasi dengan baik dan berjalan di berbagai jenis platform dengan mudah. Jika anda sudah memiliki data warehousing di platform anda maka anda dapat menambahkan DB2 dan biarkan IBM analytic tools menganalisa data bisnis anda.

IBM analytics ini dibangun dari 3 platform yang memungkinkan kita untuk membuat custom BI sendiri diantaranya yaitu: IBM ILOG Optimization & Analytical Decision Support Solutions yang di desain untuk meng optimasi supply chain performance. SPSS  (Statistical Package for the Social Sciences) Statistics 19 akan memberikan kemampuan analisis data yang akurat dan cepat untuk meng antisipasi perubahan yang ada pada bisnis anda. Cognos 10 yang merupakan tools analisis yang dapat membantu anda menganalisa sistem data warehouse kita.

Microsoft

Microsoft juga memiliki solusi BI yang didalam nya sudah termasuk Office 2010, Sharepoint 2010 dan juga Microsoft SQL Server. Beberpa solusi akan menggunakan Microsoft SQL server ini untuk mengatur data warehouse anda. SQL server mampu melakukan kompresi data anda secara dinamis dan ini akan memperpanjang kebutuhan storage anda dan memotong biaya. SQL Server juga sudah mendukung teknologi OLAP (Online Analytical Processing) yang memungkinkan kita untuk melakukan query secara adhoc untuk data set yang sangat besar. Dengan integrasi ke excel yang sangat mudah proses solusi data mining dapat dilakukan dengan cepat. Sharepoint juga akan membantu anda untuk melakukan monitor secara realtime dan memprediksi trend.

Oracle

Oracle memiliki berbagai jenis varian solusi BI untuk anda, salah satunya yang sudah prebuild adalah Oracle BI Suite Enterprise Edition. Oracle juga memungkinkan kita untuk melakukan custom BI. Diantara solusi BI yang ditawarkan oleh Oracle adalah ERP (Enterprise Resource Planning) dan CRM (Customer Relationship Management). ERP menawarkan solusi analisis finansial, procurement, analisis pengeluaran, analisis human resource, analisis supply chain dan order, hingga ke project analisis. CRM menawarkan solusi untuk analisis penjualan, analisis service, analisis contact center, marketing analisis, loyality analisis hingga ke price analisis.

Oracle juga menawarkan Essbase, sebuah multidimensional OLAP server yang dapat kita kembangkan analisis kita sendiri dan aplikasi management lainya. Essbase ini menggunakan teknologi graphical outline technology yang mana akan memberikan kemudahan kita untuk menciptkakan dimensi, hirarki, metrik dan skenario untuk mengidentifikasi trend, pattern dan juga hubungan antar proses.

Untuk solusi realtime, Oracle juga memiliki solusi tersebut dengan sebutan Oracle Real Time Decisions Platform yang menggabungkan set of rule yang kita buat dengan data analisis yang ada dalam server yang melakukan transaksi dalam kecepatan tinggi.

Sybase

Sybase menawarkan berbagai jenis solusi BI untuk berbagai jenis tipe perusahaan yang berbeda beda. Kita dapat menggunakan basic BI untuk menganalisis data kita, hingga custom design untuk proses yang sangat ekstrim, realtime dengan memanfaatkan in-memory database untuk meningkatkan kecepatanya.

Sybase data warehousing ini dapat di bangun melalui berbagai platform yang sudah populer seperti Unix ataupun Linux, dengan menggunakan Sybase IQ, sebuah database server yang di optimasi untuk solusi BI untuk melakukan analisis, dan data warehousing.

SAS

Sas ternyata sudah berkecimpung dalam dunia BI sejak tahun 1976. dan Sas merupakan satu satunya perusahaan yang hanya bermain di dunia BI. Sas BI memiliki 2 komponen yaitu: Enterprise Business Intelligent Server dan juga Business Visualization, Enterprise Business Intelligence Server akan mengintegrasikan SAS Analytics dan juga SAS Data Integration untuk mengolah data yang diperlukan oleh BI anda. Enterprise Business Intelligence Server adalah sebuah multidimensional database yang di desain untuk menangani data dengan volume yang sangat besar.Server  ini juga sudah mendukung portal dan juga dashboard yang dapat di custom, Web dan juga desktop reporting, OLAP storage, metadata management, hingga model deployment analysis. Selain itu platform ini sudah friendly dengan Microsoft Office.

SAS Business Visualization akan memungkinkan kita untuk mengeksplorasi ide dan mencari dari pattern – pattern bisnis anda dengan menggunakan visual query. Anda dengan mudah dapat melihat long-term trend dengan opsti plot yang mudah untuk di set. SAS Business Visualization mendukung berbagai jenis business graphic seperti bubble plots; scatter plots; dan juga trellis, line, hingga needle charts.

SAP

SAP juga telah menawarkan solusi ERP sejak tahun 70an, terkenal dengan sebutan SAP BIW (Business Warehouse Information System), yang kemudian terus ber evolusi menjadi SAP BW (Business Warehouse) produk solusi SAP yang dirilis dari awal sudah mendukung realtime processing, dapat dikenali dengan SAP R1 – R3. Kali ini SAP BW telah ber evolusi lagi menjadi SAP BI (Business Intelligence) berkembang bersamaan dengan jajaran produk baru sap Netweaver yang sudah mendukung teknologi portal dan web application. SAP juga memiliki berbagai jenis varian solusi BI yang dapat disesuaikan berdasarkan jenis Industri bisnis yang ada. Selain itu jika sudah menggunakan SAP ERP, mengintegrasikan SAP BI akan menjadi sangat mudah dan seamless karena berasal vendor yang sama.

Dengan kemampuan nya yang multi platform dan multi database, SAP sangat mudah untuk mengadaptasi platform yang digunakan oleh berbagai perusahaan, apakah database anda SQL Server, ORacle, DB2 dapat didukung dengan mudah, platform OS seperti Windows dan Unix/Linux varian juga dapat diimplementasikan oleh SAP. Kali ini SAP BI menjadi salah satu portofolio solusi produk dari SAP BusinessObject.

Sumber:

comments powered by Disqus