Mendarat di Mars

August 06, 2012

Reading time ~1 minute

Mars rover Curiosity has landed on the massive Gale Crater Mars rover yang berhasil mendarat

Proyek Nasa kali ini telah membawa hasil yang positif, dimana kali ini Nasa berhasil mendaratkan robotnya di planet  Mars. Proyek yang bernilai 1.6 milyar poundsterling itu memberikan hasil yang memuaskan. Sebuah robot dengan bobot 1 ton yang berukuran sebesar mobil kecil ini akhirnya berhasil mendarat di planet merah tersebut dengan selamat dan sempurna. Robot tersebut mulai mengirimkan sinyal saat melakukan pendaratan di planet Mars pada pukul 6.31 pagi waktu UK. Dimana tim Nasa Jet Propulsion Laboratory di California telah menerima pesan tersebut dan mengkonfirmasi kalau “Touchdown“.

Misi yang baru akan mulai diadakan dalam rentang 98 minggu kedepan untuk mengeksplorasi planet yang milyaran tahun lalu dikabarkan memiliki sumber air. Robot ini menggunakan tenaga nuklir dalam menalankan misinya untuk mempertahankan umur nya dalam mengeksplorasi planet Mars. Robot ini memang terlalu berat untuk mendarat dengan sempurna, namun pendaratan sebelumnya dilakukan dengan menggunakan metode kantong udara yang tidak berhasil, dan sekarang mereka menggunakan solusi “sky crane” untuk pendaratan robot ini.

Dr John Bridge, dari University of Leicester merupakan salah satu dari saintis British yang memimpin misi ini juga menulis dalam blog nya secara langsung dari mission control dan menyebutkan “It’s down – landed!.

Para peneliti kini dapat dapat mulai melakukan riset nya mengenai planet ini, apakah ada kehidupan lain di planet ini ?

comments powered by Disqus