Mendapatkan Backlinks dari domain .edu

June 16, 2009

Reading time ~3 minutes

tekno-seoSEO

Jika anda mengetahui bahwasanya google memberikan extra Pagerank boost kepada web web yang memiliki backlinks dari domain .edu tentu saja ini menjadi trik SEO yang menarik untuk diperhatikan, lalu bagaimana caranya agar kita dengan mudah mendapatkan backlinks dari domain .edu ? Pada dasarnya banyak universitas universitas di luar negri yang memberikan fasilitas blog kepada mahasiswanya, ataupun juga kepada dosen dosen nya, dengan memanfaatkan blog mereka, kita dapat dengan mudah mendapatkan backlinks dari domain .edu dengan cara sebagai berikut:

Sebelumnya untuk menjalankan trik ini ada beberapa langkah yang perlu anda ketahui yaitu:

  1. Perlu anda ketahui kalau yang anda kunjungi ini adalah blog universitas, sehingga sebaiknya anda memberikan komentar yang relevan atau komentar anda di blok sebagai spam atau batal di backlinks
  2. Memposting komentar yang sama di setiap blog nya juga dilarang keras ini juga untuk menghindari anda di tandai sebagai “blog spammer” bukan oleh si pemiliki blog saja, namun juga Google.
  3. Bagi beberapa pandangan orang trik ini mungkin dapat dikatakan sebagai trik curang atau “black hat” atau juga “gray hat” search engine optimization.

Mencari Blog.

Sekarang yang perlu kita lakukan adalah mencari blog yang berdomain .edu, lalu apa yang kita perlukan ? jawabanya adalah google, Google dapat membantu kita mencari blog blog .edu dengan menggunakan 2 sintaks khusus google yaitu:

  • site:
  • inurl:

Sehingga search query anda akan menjadi seperti ini:

[sourcecode language=”css”]site:.edu inurl:blog[/sourcecode]

Terlalu umum kurang detailTerlalu umum kurang detail

Hasil pencaharian ini kurang sempurna, karena memiliki hasil yang sangat banyak sekali setidaknya lebih dari 840 ribu lalu dalam pencaharaian ini, kita pastinya akan menemukan blog yang tidak dapat di komentari dan ini akan memperlambat kita membuat backlinks.

Lalu kita harus menyempurnakan pencaharian kita dengan mencari blog yang hanya dapat di komentari, dengan query:

[sourcecode language=”css”]site:.edu inurl:blog “post a comment”[/sourcecode]

Mencari post commentMencari post comment

Dengan menggunakan ini, pencaharian mulai di perkecil setidaknya anda sekarang mendapatkan 400 sampai 500 ribu hasil pencaharian, apakah anda sudah dapat mulai beraksi ? belum…. karena kita harus terus fokus, ingat kita juga harus mengeliminasi blog yang mengharuskan kita login untuk memberi komentar, dengan cara merubah query menjadi sedemikian rupa agar kita dapat mencari dengan tepat.

Query sebelumnya adalah:

[sourcecode language=”css”]site:.edu inurl:blog “post a comment”[/sourcecode]

Sedangkan kita harus menambahkan variabel baru untuk menghindari blog yang komentarnya di tutup, untuk itu kita perlu menambahkan:

[sourcecode language=”css”]-"comments closed"[/sourcecode]

Seperti yang anda lihat, anda menggunakan tanda (-) untuk membuang hasil pencaharian yang mengandung kata comments closed, namun itu belum cukup, kita perlu menambahkan beberapa variabel lagi yaitu menghindari komentar dimana kita harus login dengan query:

[sourcecode language=”css”]-"you must be logged in”[/sourcecode]

Setidaknya dengan gabungan dari semua ini maka kita dapat memfilter blog yang tidak kita inginkan hasilnya untuk ditampilkan pada hasil pencarian google.

Sehingga dengan begitu, sintaks query lengkapnya akan menjadi:

[sourcecode language=”css”]site:.edu inurl:blog “post a comment” -"comments closed" -"you must be logged in”[/sourcecode]

Sehingga dengan begitu anda dapat menggunakan trik ini untuk mencari blog dengan domain  .edu dan mulailah untuk memposting komentar terbaik anda dengan berharap harap anda mendapatkan backlinks dari situ.

Untuk Improvisasi yang lebih hebat, anda dapat menggunakan kata tambahan untuk mencari blog yang spesifik dengan anda misalnya seperti query berikut ini mencari blog tentang komputer:

[sourcecode language=”css”]site:.edu inurl:blog "post a comment" -"comments closed" -"you must be logged in" "computer"[/sourcecode]

Anda dapat mengekplorasi lebih mendetail lagi tentang menggunaan query google, jika menemukan yang inspiratif anda dapat memposting ke kometar halaman artikel ini

comments powered by Disqus