Mencari peluang via Bisnis Online

March 26, 2010

Reading time ~7 minutes

**

Image from DeviantartImage from Deviantart

Artikel halaman ini ditulis oleh Eldi Munggaran, dilarang mengutip sebagian atau keseluruhan artikel tanpa ada persetujuan terlebih dahulu. Silakan hubungi saya di munggaran[at]gmail.com untuk menghubungi apabila ada pertanyaan yang ingin disampaikan berkaitan dengan hal ini.

Saya tidak bertanggung jawab apabila ada hal-hal yang tidak berkenaan terjadi dalam peng-implementasian bisnis online yang saya paparkan. Saya hanya berbagi, tanggung jawab sepenuhnya ada pada anda.

Penambahan/pengurangan materi akan saya lakukan agar relevan dengan kondisi yang sedang berjalan.

Artikel disini juga ditulis di blog pribadi saya munggaran.com ; Insya Allah akan saya usahakan agar selalu up to date  :)

Mengapa saya menulis artikel ini ?

  • Artikel ini dibuat sebagai catatan saya, antisipasi kalau ada yang lupa bisa saya buka lagi;
  • Memperluas affiliasi dengan mengajak orang lain yang berminat menjalankan bisnis online, kalau perlu nanti bisa bikin sindikat mafia bisnis 😛 ;
  • Berharap ada yang mau saling berbagi pengalaman;
  • Saya senang berbagi :)


Apa itu bisnis online ?

Secara umum, bisnis online adalah metode jual beli barang atau jasa menggunakan media internet sebagai medium transaksinya. Perlu diketahui bahwa seseorang tidak harus memiliki barang yang harus dibeli terlebih dahulu dalam berbisnis online, bergantung kepada jenis bisnisnya.

Modal untuk melakukan bisnis online

  • Punya komputer + Internet atau pakai warnet juga bisa tapi tidak direkomendasikan;
  • Mau bekerja lama didepan komputer, rajin, mau belajar dan tidak malas mencari informasi;
  • Harus bisa pakai internet, minimal bisa berkirim email dan browsing internet;
  • Bisa bahasa setempat, diutamakan bisa bahasa Inggris, tidak mesti sempurna, salah-salah grammer dikit engga apa-apa koq 😛
  • Rekening tabungan Bank, Kartu Kredit berlogo Visa atau Master card untuk bisa bertransaksi Internasional;
  • Uang secukupnya (tergantung jenis bisnis onlinenya)

Jenis-jenis bisnis online

1. Affiliasi

Program affiliasi secara sederhana dapat dikatakan membuat pembeli bisa sampai ke penjual, cara yang paling umum digunakan contohnya dengan menulis review mengenai suatu barang dengan menyertakan link-affiliasi website penjual. Apabila seseorang melakukan klik pada link-affiliasi tersebut dan si pembeli melakukan transaksi pembelian, maka affiliator akan mendapatkan komisi. Program ini sering disebut dengan istilah Internet Marketing atau disingkat IM.

Contoh kasus: saya melakukan review “Top 10 The Best AntiVirus” dengan menyertakan penjelasan mendetail sehingga pembaca tertarik untuk membeli salah satu produk yang ditulis. Apabila ada salah satu pembeli melakukan pembelian melalui link yang saya berikan, maka saya akan mendapatkan komisi pembelian.

Bagaimana cara pembeli bisa sampe ke review yang kita tulis ?

Umumnya pembeli akan mencari sesuatu melalui search engine seperti google, yahoo, bing, atau bisa juga menerima informasi melalui situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dll. Untuk mempelajari bagaimana website kita ditampilkan di search engine google dibutuhkan ilmu SEO (Search Engine Optimization).

Contoh AffiliasiAffiliasi

Metode affiliasi merupakan metode terbaik dalam bisnis online, namun dibutuhkan banyak sekali pengetahuan dan analisa yang harus dipelajari. Website yang saya gunakan untuk belajar, mencari penjual, menganalisa, sekaligus membangun komunitas adalah wealthyaffiliate.com dimana setiap member dikenakan biaya $39 perbulannya dan garansi 30 hari uang kembali apabila dirasakan tidak cocok atau mau berhenti sementara atau mau berhenti permanen karna sudah bisa beraffiliasi sendiri. Program affiliasi yang diberikan wealthyaffiliate.com adalah metode paling produktif dimana dalam 1-2 bulan saja seseorang bisa mendapatkan penghasilan bersih perhari $200 dengan catatan tidak boleh malas dan harus konsisten terus belajar dan melakukan kegiatan yang di-programkan.

2. Dropshipping

Dropshipping adalah jasa pengiriman barang dari supplier ke pembeli melalui perantaraan reseller. Misalnya saya mengambil 10 deskripsi dan gambar barang dari suatu supplier, kemudian saya menjualnya dengan menawarkannya melalui website saya atau facebook atau lainnya.

Contoh kasus: saya melihat barang di focalprice.com, kemudian saya ambil 10 barang terbaik dan menaikan harganya sebagai margin keuntungan sebesar 40% untuk setiap barang yang dijual. Barang tersebut kemudian saya tawarkan kepada teman di Facebook dan apabila ada teman saya yang mau membelinya maka dia akan saya minta untuk mentransfer uang ke saya kemudian saya akan membeli barangnya dari focalprice.com dan menyuruh focalprice.com langsung mengirimkan barangnya kepada teman saya itu.

Perhatian !!! Dropshipping tidak sama dengan makelar !!!

Perbedaan mendasar antara dropshipping dengan makelar adalah anonimitas pengirim barang, atau sederhananya supplier yang mengirimkan barang ke pembeli akan menuliskan bahwa pengirimnya adalah reseller yang bersangkutan, bukan supplier, sehingga apabila suatu saat pembeli ingin membeli barang lagi maka dia tidak bisa secara langsung mengetahui supplier melainkan melalui reseller.

DropshippingDropshipping

Kelebihan berbisnis dropshipping (+)

  • Tidak perlu modal untuk membeli barang karena pembelian baru dilakukan apabila ada permintaan;
  • Tidak perlu gudang & inventori;
  • Memiliki pelanggan sendiri karena pembeli tidak mengetahui bahwa saya melakukan metode dropshipping, sehingga tidak khawatir kehilangan pembeli tetap, misalnya kalau si pembeli mau beli lagi maka pada pembelian berikutnya dia akan beli lagi lewat saya.


Kekurangan berbisnis dropshipping (-)

  • Apabila supplier memiliki barang dengan stok terbatas, maka kita perlu memantau stok supplier karena jika stok habis dan ada permintaan maka kita harus mencari dropshipper lain yang menyediakan barang yang sama atau mengembalikan uang yang telah dikirimkan seumpama stok benar-benar sudah tidak ada. Untuk melakukan kontrol terhadap hal ini dibutuhkan aplikasi pengecekan stok, misalnya Outstockchecker.

3. PPC

Paid Per Click atau disingkat PPC adalah bentuk jasa yang memberikan komisi apabila seseorang melakukan klik pada iklan atau link yang disediakan pengiklan.

Contoh: Saya membuat sebuah blog di blogspot.com dan memajang iklan google adsense, apabila seseorang meng-klik iklan google di blog saya maka saya akan mendapatkan komisi.

Contoh 2: Saya memberikan link kepada teman saya atau saya membuat blog yang didalamnya terdapat link untuk mendownload suatu file dan link tersebut saya buat melalui jasa PPC, contohnya : linkbucks.com atau linkbee.com.

Salah satu contoh website yang menjalankan metode PPC adalah aobee.com , situs fan video dan mp3 lagu-lagu korea.

4. PTC

PTC (Paid To Click) adalah bentuk jasa yang memberikan komisi dengan mewajibkan seorang user terdaftar untuk mengklik iklan yang diberikan oleh investor, contoh situs yang memberikan jasa ini misalnya neobux.com.  PTC adalah online business yang paling santai, sangat cocok dilakukan orang kantoran dimana dalam satu hari hanya membutuhkan perhatian 3-10 menit saja. Investasi jangka panjang bisa dilakukan dengan konsistensi (diusahakan tiap hari jangan sampai lupa klik)

Cara kerjanya : Pihak neobux akan mencari investor iklan untuk memajang iklannya, kemudian iklan tersebut diberikan kepada user untuk dilihat melalui proses klik. Komisi klik yang diberikan beragam sesuai membership user.

Perhatian !!!, hati-hati dengan situs PTC, karena banyak sekali situs yang menawarkan PTC bersifat scam (penipuan), silakan merujuk ke google untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai situs yang bersangkutan akan keabsahannya.

Situs PTC yang saya pastikan kejelasannya adalah neobux.com karena sudah terdaftar sejak 2008 tidak mengalami masalah penipuan dan saya bisa menarik saldo dengan menggunakan akun PayPal secara langsung tanpa hambatan atau penundaan.

5. FAQ

Q: Online business sepertinya menarik, tapi apakah benar menghasilkan ?
A: Menghasilkan dong, dari 4 bisnis online di atas saya sudah ikut semuanya dan saya sekarang kerja di rumah full time, bebas ngantor pagi-pagi dan bebas macet, hehehe.

Q: Kalau kamu sudah mapan, ngapain bikin ginian ??, kenapa engga nerusin bisnis online aja ?, koq pake nulis-nulis segala ?, apa gak takut banyak yang niru ?
A: Online business itu kayak pizza 12 slices yang anggepannya adalah pasar di dunia ini. Menurut statistik pasar yang digarap di dunia ini baru sekitar 1 slice. Kalaupun besok hari pebisnis online seperti saya jumlahnya jadi 3x lipat, total 3x lipat masih sisa (12-3) = 9 slices, dengan kata lain masih belum bisa memenuhi setengah kebutuhan pasar dunia. Selain itu saya juga punya keyakinan yang bisa dibaca disini.

Q: Kalau saya mulai sekarang, kapan saya bisa mulai untung ?
A: Tergantung orangnya, kalau rajin banget sih seminggu juga udah menghasilkan, tapi kalau malas, ceroboh, engga mau belajar = bisa stress rugi buang-buang waktu.

Q: Berapa kisaran pendapat perbulan dari bisnis online ?
A: Ya macam-macam lah tergantung keaktifan, misalnya saya dari bisnis dropshipping bisa dapat $1,500 USD dalam sebulan.

Q: Dari berbagai macam bisnis online itu, mana yang paling enak, nikmat dan yang pasti banyak duitnya ?
A: Jelas Affiliasi !, sehari bisa $200 dan kalau lagi hoki bisa $5,000 BO !!!!!!!

Q: Kenapa engga ada bukti pendapatan/invoice/rek bank yang dipajang ?
A: Karena saya engga suka pamer dan muluk-muluk soal duit, kalo soal skill sih hayu :)

Q: Saya mau donk diajarin…
A: Contact aja dulu, soalnya saya jadwal saya padat, selain ngajar ada proyek-proyekan juga.

Tips

  • Selalu join forum bisnis yang sedang dijalankan, luangkan waktu untuk cari-cari informasi terbaru, jangan sampai ketinggalan trend terlalu lama.
  • Install RSS News Ticker untuk tahu perkembangan dari berbagai website misal snackr.net kemudian masukan RSS Feed dari berbagai situs berita baik lokal maupun manca negara (detik, republika, kompas, cnn, bbc, slashdot, dll)
  • Pinter-pinter ngatur waktu karena manusia cuman bisa kerja 8 jam sehari, makan bergizi, olah raga teratur dan jangan lupa liburan teratur supaya engga stress, hihihihihi.
  • Rileks kalo ngadepin masalah, jangan dianggep kiamat, anggep kesalahan jadi pelajaran, trus coba lagi.

Sampe sini dulu deh, nanti update lagi 😀

comments powered by Disqus