Memperkecil pemakaian disk pada Mac OsX

November 13, 2008

Reading time ~3 minutes

Jika anda menggunakan Leopard pada laptop, pastinya anda memiliki space yang sangat terbatas untuk disk anda drive. Leopard biasanya menyimpan kira kira sampai 8GB untuk jenis typical install. dan ini mungkin menyakitkan bagi anda yang hanya memiliki harddisk 20GB hard ataupun 16GB solid state drive untuk personal data dan media anda.

jadi bagaimana cara menangani data yang banyak pada mac anda sedangkan anda sendiri mempunyai harddisk yang terbatas ? Ada setidaknya 5 cara untuk memperkecil instalasi Mac OS X dan membuat anda sedikit leluasa untuk menambah kapasitas harddisk anda. Khususnya anda dapat menghapus beberapa aplikasi yang disediakan mac yang mana tidak anda butuhkan.

Bersihkan apps anda

Walaupun didalam Leopard banyak aplikasi menarik, mungkin ada beberapa aplikasi yang tidak anda gunakan. Misalnya Chess atau Photo Booth atau Stickies anda dapat menghapusnya. Bukan berarti anda harus menghapus beberapa program yang jarang anda gunakan. Misalnya akan jadi masalah jika anda menghapus program System Profiler atau Disk Utility.

Anda dapat menggunakan Utiliti seperti AppZapper dan AppCleaner untuk membersihkan aplikasi yang tidak terpakai dan menghapus file associated nya dan folder foldernya, yang bersamaan dengan apps nya itu sendiri. App cleaners mampu membantu anda untuk membersihkan file installasi dari Mac OS X anda dengan menghapus support files.

Hapus languages dan kode PowerPc

Localization membuat anda dapat menggunakan aplikasi mac di berbagai bahasa, anda dapat mengontrol bahasa ini pada menu System Preferences International settings. Segala jenis menus, tombol, dan dialogs akan disesuaikan dengan pilihan bahasa kita, sayangnya fitur ini pun akan memakan banyak kapasitas harddisk kita. Sebagai tambahan dari bahasa, elemaen lain dari OS juga mengambil space pada disk anda ini adalah Power PC support. Didalam universal binarie ini, terdapat PowerPC code yang tidak akan pernah anda gunakan pada Intel machine. XSlimmer, Monolingual, dan Trimmit mampu menghapus bahasa asing dan nonnative code secara bersamaan. Biasanya tools ini mampu membersihkan sampai gigabyte space untuk anda.

Hapus printer driver, screen savers, dan lainya

Fakta bahwa mac banyak menggunakan kapasitas disk anda karena banyaknya support files, dan diantaranya anda tidak pernah menggunakanya. Sehingga, dengan menghapus file file support ini akan lebih meringkaskan isi harddisk anda sebagai contoh, jika anda ingin membatasi beberapa support file misalnya printer driver anda (/Library/Printers), Dashboard Widgets (/Library/Widgets), Screen Savers (/Library/Screen\ Savers), ataupun synthetic voices (/System/Library/Speech/Voices). Misalnya saja suara Alex sendiri sudah menghabiskan 600MB disk space. Anda dapat menghapusnya jika anda tidak ingin menggunakanya, sama halnya dengan onboard dictionaries didalam/Library/Dictionaries bisa memberikan anda sekita 1/2 gigabyte.

Lokasi lainya anda dapat memberikan ruang sekitar 100MB di /System/Library/Desktop, Setup Assistant di /System/Library/CoreServices sekitar 70MB, termasuk didalamnya Leopard video yang di jalankan saat pertama kali kita menginstall. Didalam /System/Library/Fonts, anda akan menemukan beberapa Asian fonts hampir 75MB. Atau mungkin anda mau membersihkan /System/Library/Compositions, untuk quartz composition folder, yang didalamnya ada 50MB QuickTime movie.

Beberapa tips juga anda dapat memburu readme files dan menghapusnya dari drive, namun anda harus berhati hati menghapus Readme files kadang kadang didalamnya terdapat informasi penting yang seharusnya tidak anda hapus.

Evaluasi disk anda

Sebuah utility dari Grand Perspective dapat menampilkan disk usage dalam bentuk graphic. Disini anda dapat meng track file file yang berukuran besar yang tidak anda gunakan. Jika anda menggerakan mouse anda ke masing masing blok akan mempermudah anda untuk mengetahui dimana file tersebut berada file is located. Anda juga dapat menggunakan Grand Perspective untuk mencari file screen savers, dictionaries, dan fonts yang tidak pernah anda gunakan lagi.

comments powered by Disqus