Membuat video tutorial dengan Microsoft Expression Encoder

August 19, 2011

Reading time ~1 minute

иконописикони

Microsoft EncoderMicrosoft Encoder

Microsoft Expression Encoder adalah sebuah aplikasi yang mampu merekam video dan audio dari layar anda. Hal ini pastinya sangat bermanfaat jika anda ingin membuat video instruksi/tutorial, ataupun ketika anda ingin merekam video game yang sedang anda mainkan.

Untuk memulainya terlebih dahulu tentu saja kita perlu mendownload software Microsoft Expression Encoder. Dari situs Microsoft download center, anda tinggal klik tombol download dan save file tersebu di dalam komputer anda. Pada saat instalasi, nantinya anda tidak hanya akan menginstall Microsoft Expression saja, namun MS juga sudah menyertakan codec khusus untuk melakukan screen capture yang memungkinkan anda untuk merekam layar screen bersamaan dengan audio dari komputer anda.

Setelah selesai menginstall program, anda dapat mulai menjalankan aplikasi ini. Limitasi dari program ini adalah kemampuanya merekam video hanya terbatas hingga 10 menit saja. Hal ini karena kita hanya menggunakan versi standard dari software ini, jadi untuk merekam yang lebih dari 10 menit, ada trik khusus yaitu dengan mensplit video anda per 10 menit, dan menggabungkanya kemudian.

Beberapa setting yang dapat anda lakukan sebelum melakukan perekaman anda dapat mengklik ikon “gear”. Lalu set frame ratenya menjadi 30fps, quality menjadi 100. Jika anda akan menggunakan microphone saat melakukan recording, klik pada tab audio, dan pilih microphone yang anda gunakan dengan bit-rate hingga 256.

Untuk memulai perekaman, klik ikon record yang berwarna merah. Begitu selesai merekam, maka anda dapat memilih output direktori pada bagian kanan layar anda dan file nya akan tersimpan dalam format WMV. Selamat mencoba.

 

comments powered by Disqus