Linux tidak memerlukan reboot dengan KSPLICE

July 08, 2009

Reading time ~3 minutes

KSPLICEKSPLICE

Linux adalah OS yang paling terkenal dengan “gratis” dan tingkat ke stabilanya jika di install di setiap komputer khususnya yang terus online tampa harus melakukan rebooted hingga setahun lamanya. Biasanya dalam perduniaan para komunitas geek semakin lama komputer anda online maka anda akan semakin mendapat penghormatan khusus / “respect”. Hal ini disebut dengan “uptime”, yaitu jumlah waktu yang digunakan komputer anda semenjak dia hidup tampa harus melakukan reboot.

Karena pengolahan mekanisme dari open source setiap permasalahan sekuriti dan kelemahanya langsung di perbaiki secara cepat pada setiap distribusi Linux. Hal ini banyak digunakan khususnya untuk web server, database, office program dan beberapa desktop environment. Beberapa Distro biasanya akan mem package dan mendistribusikanya melalui standard package management system, dengan demikian dengan menggunakan metode ini application dan daemon yang sedang berjalan tentu saja akan membutuhkan restart, untuk mendapatkan program yang baru.

Jika hal ini hadir pada Linux kernel itu sendiri, biasanya hal ini bisa langsung terlaksana (setelah proses update) setelah kita mereboot komputer. Dan ini berarti semua aplikasi akan di tutup dan dan daemon dihentikan, sebelum sistem di restart dan dan setelah sistem restart. Uptime saat ini sangat penting dan dibutuhkan sekali, khususnya untuk server, yang mengharuskan agar tetap online selama mungkin.

Jadi permasalahanya adalah ketika kita menginginkan maximum uptime, banyak user dan administrator tidak akan merestart sistem mereka untuk meload kernel terbaru mereka karena harus menghentikan sistem system. Ini merupakan bayaran yang sangat beresiko tinggi, karena bisa saja kalau system masih rentan dengan sekuriti apalagi ketika ditemukanya vulnerability pada sebuah kernel, banyak server yang menerapkan seperti ini apalagi yang menggunakan Debian GNU/Linux project.

Namun sekarang sudah muncul Ksplice, yang merupakans ebuah yang dapat meng apply patches secara langsung kedalam running kernel yang menyebabkan kernel tersebut di pacth tampa harus melakukan restart system ataupun restart services. Debian telah menjalankan dan menggunakan Ksplice untuk mempatch system mereka agar sistem mereka tetap live, sehingga anda dapat menghindari downtime.

Ksplice saat ini akan terfokus pada Linux kernel, namun teknologi ini nantinya tentu saja akan dapat digunakan pada level aplikasi user. Project ini sudah mengumumkan keberadaan dari teknologi ini dengan free service yang disebut dengan Uptrack, khususnya untuk para user yang menggunakan Ubuntu Jaunty Jackalope 9.04.

Ksplice team tentu saja akan membawa perubahan yang cukup berarti bagi para pengguna Linux ditambah lagi dengan mengitegrasikanya dengan Uptrack service yang akan semakin lebih mudah dengan adanya graphical interface. Proses instalasi juga dapat berjalan dengan simple, anda tinggal mendownload package dari website mereka dan membukanya dengan menggunakan GDebi installer (default option). Setelah proses instalasi selesai Uptrack manager akan berjalan secara otomatis. Program ini akan terlihat mirip dengan system update-manager dan sangat mudah untuk digunakan. Aplikasi ini akan terhubung dengan online service untuk memastikan update apa yang tersedia untuk running kernel. Nantinya user dapat langsung menginstall dan memilih dari patch list yang sudah ada. Program ini akan berjalan dengan sangat cepat. Setiap saat anda log in kedalam system, Ksplice updater akan berjalan dengan icon pada system tray dan secara otomatis memeriksa updates melalui background, dan memberitahu anda jika tersedia.

[sumber: Linux Mag]

comments powered by Disqus