Linux kernel akan mensupport USB 3.0

June 25, 2009

Reading time ~1 minute

KernelKernel

xHCI (USB 3.0) host controller driver yang digunakan untuk initial support USB 3.0 device saat ini sudah tersedia untuk publik, dan juga sudah ada pada kernel.org. Greg K-H membuat patches untuk kernel 2.6.31, sehingga pengguna Linux akan memiliki dukungan dengan teknologi USB 3.0 sekitar September 2009. Menurutnya ini adalah timing yang tepat karena NEC baru baru ini mengumumkan kalau mereka akan memproduksi 1 juta xHCI PCI express add-in pada bulan Septembe depan.

Dengan begitu ini berarti Linux akan menjadi operating system pertama dengan dukungan USB 3.0. Bekerja sama dengan Keve Gabbert (OSV dari group Intel) mereka memastikan agar distro Linux seperti Ubuntu dan Red Hat mengambil xHCI driver ini untuk distro mereka. Bagi Advanced user anda dapat juga meng compile kernel anda sendiri dengan menggunakan standard distro install.

Saat ini teknologi ini sedang menunggu USB 3.0 vendor yang memiliki prototypes untuk melakukan test pada driver. Instruksi mengenai cara meng compile kernel sudah terdapat pada git tree.

[Sumber Sarah]

comments powered by Disqus