Lightning cable terbaik

October 21, 2015

Reading time ~7 minutes

Tulisan ini merupakan tulisan pertama teknoinfo setelah setahun lebih teknoinfo hiatus. Meskipun demikian kita masih tetap berkomitmen untuk meneruskan teknoinfo agar terus berjalan mengiringi perkembangan teknologi. Kali ini saya ingin membahas soal lightning cable terbaik. Saya pribadi adalah pengguna smartphone Apple yang penuh kontroversi ketika di banding bandingkan dengan smarphone Android. Terus terang saya selalu mengagumi sebagian besar “Inovasi” yang Apple miliki meskipun sebagian nya lagi ada beberapa hal yang tidak saya sukai. Salah satunya adalah daya tahan sebuah lightning cable.

Teknologi lightning cable sebenarnya secara fisik dan fungsional lebih baik dibandingkan micro USB, sebut saja ketika nyolokin kabel tidak perlu melihat mana yang atas mana yang bawah, tidak perlu melihat dalam gelap, singkat kata lightning cable menghilangkan fungsi antar muka konektor nya dengan hal yang lebih universal sementara micro USB di desain dengan bentuk yang harus membuat kita memastikan mana yang atas mana yang bawah sebelum mencolok kan kabel charger.

Hal ini sangatlah sederhana, namun ketika kita terbiasa menggunakan lightning cable kemudian kita menggunakan micro USB pada perangkat lain kita mulai menyadari betapa lightning cable sangat berfungsi. Oke sudah cukup pujian mengenai lightning cable, dari desain yang ekslusif dan bentuk yang cukup kecil memanglah teknologi yang diberikan pada kabel ini sangatlah bagus, namun ada beberapa hal yang saya tidak sukai dari lightning cable ini.

Frustasi

broken lightning cable 2Terus terang saya frustasi menggunakan lightning cable karena ketahanan nya yang sangat sangat buruk, mau yang original ataupun yang buatan China sama saja, daya tahan penggunaan lightning cable untuk ukuran saya yang sangat lasak, memiliki 2 anak yang aktif umur kabel tersebut tidak lebih dari 6 bulan, ya 6 bulan. Mengapa demikian ? dibalik canggih nya fungsi kabel ini ternyata lightning cable memiliki daya tahan yang sangat buruk.

Hal ini tentunya di konfirmasi dan di pastikan oleh banyak user karena terbukti banyak produk produk 3rd party yang menawarkan lightning cable yang mana memiliki desain yang lebih kokoh kuat dan lebih bergaya, mari kita simak beberapa obat frustasi pengguna lightning cable.

Munculnya lightning cable protector

Bermunculanya produk produk lightning cable protector adalah salah satu tanda kalau semua orang frustasi dengan kabel ini. Kelemahan utama lightning cable adalah saat kita mencabut kabel dari iPhone. Cara yang paling benar adalah mencabutnya dengan hati hati dan perlahan pada sudut 0 drajat (sangat susah), kalau kita mencabut dengan kemiringan tertentu, umur kabel anda tidak akan lama, apalagi kalau anda mencabut kabel iPhone anda dengan menarik kabel nya langsung.

Berikut adalah beberapa contoh lightning cable protector, mulai dari yang bayar sampai cara yang paling murah dengan menggunakan per pulpen dapat membantu memperpanjang umur lightning cable anda.

Lightning protektor yang mencover soket lightning cable Lightning protektor yang mencover soket lightning cable Protektor pada bagian karet soket lightning protector Protektor pada bagian karet soket lightning protector

Belum adanya inovasi dari Apple

Pastinya kalau berharap Apple segera merilis jenis konektor baru mungkin agak sulit, mengapa demikian ? karena terus terang teknologi Lightning cable ini sangatlah masih baru bagi Apple, sama hal nya ketika apple mengganti konektor mag safe pada macbook menjadi versi yang lebih compact, butuh waktu lama, tapi siapa tahu  juga ya ?

Namun untuk saat ini bagi yang sudah frustasi seperti saya sebaiknya mencari alternatif terbaik dari handphone mahal kesayangan anda ini.

Memilih lightning cable terbaik

Jadi, jika anda masih memiliki kabel lightning original anda disarankan untuk menggunakan lightning cable protector untuk memperpanjang umur kabel anda, atau jika tidak anda dapat mengikuti tips berikut ini dalam memilih lightning cable.

Tips membeli lightning cable ini saya dapatkan berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri yang sudah menghabiskan banyak cable mulai dari yang original sampai main kanibal kanibalan sudah saya jalani, dan akhirnya saya menemukan kabel yang menurut saya cukup baik dan inovatif.

Pilih lightning cable yang pipih

Entah kenapa, lightning cable yang pipih desain nya lebih kuat dibandingkan lightning cable yang bulat. Menurut saya hal ini terjadi karena kabel yang pipih lebih mudah di solder dibandingkan kabel yang bulan, kalau kabel bulat saat melakukan solder kabel tersebut terpilin dan di kompresi dengan penutup soket, hal ini mengakibatkan kabel tersebut akan terus memuai mencari ruang gerak ketika kita mencabut pasang kabel ke iphone. sementara kabel yang tipis tidak harus di pilin (dipelintir) untuk menyusun kabel saat akan di solder sehingga kabel tersebut lebih steady dan stabil terhadap ruang gerak.

Lightning cable pipih ini sudah memiliki fungsi universal sehingga anda tidak perlu lagi melihat mana atas mana bawah ketika ingin mencolokanya.Lightning cable pipih ini sudah memiliki fungsi universal sehingga anda tidak perlu lagi melihat mana atas mana bawah ketika ingin mencolokanya.

Soket kabel yang kokoh dan stabil

Soket kabel adalah lapisan luar kabel yang menutupi bagian kabel dengan antar muka charger yang di solder, biasanya soket ini di kompresi dan di lem permanen untuk memastikan kabel tersebut kuat. Masalahnya pada kabel Apple saat ini karet penutup soket yang menjembatani soket dan kabelnya tidaklah kuat sehingga ujung ujung nya kabel tersebut terkelupas hingga akhirnya kabel terlepas dari solder yang ada pada soket.

Kabel jenis pipih ini memiliki protektor soket yang besar dan stabil, ini menunjukan kalau kabel jenis ini memiliki ketahanan yang lebih baikKabel jenis pipih ini memiliki protektor soket yang besar dan stabil, ini menunjukan kalau kabel jenis ini memiliki ketahanan yang lebih baik

Dual konektor lightning

Saya juga mencoba menggunakan kabel pipih dengan dual connector lightning dan micro USB, kabel jenis ini ternyata memiliki efek daya tahan yang lebih baik ketimbang konektor lightning cable secara langsung. Mengapa demikian ? sebab saat kita menarik kabel dari iPhone efek elastisitas nya terbebani pada konektor USB to Lightning nya saja sehingga ruang gerak kabel pun lebih elastis, selain itu bentuk kepala soket yang lebih besar membuat konektor lightning lebih stabil dan tahan.

Kabel dengan dual konektor seperti ini ternyata dapat memperpanjang umur lightning konektor itu sendiri.Kabel dengan dual konektor seperti ini ternyata dapat memperpanjang umur lightning konektor itu sendiri.

Magnetic lightning

ZNAPS magnetic lightning akan memberikan hawa baru bagi para pengguna lightning cable yang frustasi.ZNAPS magnetic lightning akan memberikan hawa baru bagi para pengguna lightning cable yang frustasi.

Sebagai akhir dari pencaharian saya terhadap kabel lightning terbaik, ini adalah hal terakhir yang menurut saya penghujung jawaban dari lightning cable yang memiliki fungsi yang sangat menarik dan juga tahan lama. Terus terang saya sendiri belum membeli, memiliki dan mencoba jenis kabel ini namun dari yang saya lihat dengan kombinasi kabel diatas yang di ikuti dengan antar muka magnetic lightning ini dapat menghilangkan frustasi para pengguna kabel lightning.

ZNAPS

znapsZNAPS adalah sebuah proyek kickstarter yang membuat solusi baru bagi para pengguna handphone dalam melakukan charging smartphone mereka, baik itu Lightning maupun micro USB, ZNAPS memberikan solusi mudah dengan menambahkan antar muka baru yang berupa magnetik konektor. Hal ini menyebabkan konektor yang terhubung ke handset anda akan melekat selamanya pada handset anda sehingga ZNAPS secara magnetik akan melekat pada konektornya.

Kemudahan ini tentu saja akan memberikan pengalaman baru, karena kali ini anda tidak perlu lagi memperhatikan bagaimana cara anda mencabut kabel anda dari smartphone, dan tampa melihat pun anda dapat menghubungkan kabel kabel anda ke smartphone. Pengalaman ini sebenarnya sudah ada pada teknologi Apple laptop yang disebut dengan Mag Safe, sayang nya mungkin Apple pelit untuk mengeluarkan teknologi ini pada Lightning cablenya ? hingga Magsafe hanya ada pada laptop saja.

Sayang nya untuk mendapatkan ZNAPS ini anda harus menunggu tahun depan, karena proyek ini baru selesai, tapi……. Meskipun proyek ini akan dirilis tahun depan saya menjumpai website China yang sudah menjual produk ini, meskipun harganya sendiri lebih mahal, sayang oh sayang.

Lahirnya ZNAPS ternyata telah membuat saya terkesima, di online shop China ternyata sudah banyak produk produk yang menggunakan teknologi yang mirip dengan ZNAPS, diantaranya:

ULD

Desain ULD sedikit lebar, namun mengorbankan kabel kita sebelumnyaDesain ULD sedikit lebar, namun mengorbankan kabel kita sebelumnya

ULD (Unique Light Design) Kabel ini ternyata memiliki konsep yang sama, bedanya adalah menggunakan kabel ini anda tidak dapat menggunakan kabel yang anda miliki saat ini, jika anda memiliki banyak lightning cable maka kabel lama anda tidak akan terpakai lagi.

FOF

FOF memiliki fungsi yang mirip ZNAPS namun ukuranya lebih lebarFOF memiliki fungsi yang mirip ZNAPS namun ukuranya lebih lebar

FOF (Focus on Feeling) produk ini mirip sekali dengan ZNAPS akan tetapi ada drawbacknya dari desain nya saya lihat ukuran nya lebih lebar, sehingga jika anda sudah menggunakan casing khusus maka kemungkinan besar konektor ini akan tidak kompatibel.

Unknown

Si merek unknown yang mirip dengan apple magsafeSi merek unknown yang mirip dengan apple magsafe

Saya tidak tahu merk nya karena berbahasa China hanya saja ini mirip dengan ULD tapi desain konstruksinya lebih kokoh, sayangnya ukuran nya juga cukup lebar.

Demikianlah hasil riset kecil saya selama menggunakan lightning cable, ada suka dukanya yang jelas kocek lumayan dikurasnya, beberapa produk yang saya kenal cukup baik ialah REMAX, BASEUS, dan produk produk di atas. Anda dapat mencarinya di toko toko handset terdekat. Merk tersebut bukanlah Apple MFI namun menurut saya kabel buatan mereka memiliki fungsi yang sama dan memiliki durabilitas yang lebih tinggi.

Jika anda memiliki produk lain yang belum saya coba, silahkan share pengalmanan anda disini.

comments powered by Disqus