Layanan GPS gratis yang lebih akurat akan hadir di Eropa

October 06, 2009

Reading time ~1 minute

GPS GratisGPS Gratis

European Union baru baru ini memperkenalkan sebuah teknologi baru untuk global positioning system yang di klaim mampu bekerja 5x lebih akurat daripada teknologi GPS yang dimiliki oleh AS. Badan yang bernama European Geostationary Navigation Overlay Service (EGNOS) ini menggunakan 3 satelit pada setiap sebuah jaringan permukaan di bumi yang saat ini setidaknya sudah memiliki 40 ground positioning station dan 4 control center.

Sedangakan U.S. military-run GPS system, adalah sistem GPS yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dengan tingkat ke akurasian nya hingga 10-meter (32 feet) namun kali ini, EGNOS menjanjikan kalau teknologi GPS mereka akan memiliki ke akurasian hingga 2 meter (6 feet).

EGNOS saat ini memiliki 27 anggata di seluruh eropa saat ini namun diperkirakan konsorsium ini akan berkembang lebih besar, khususnya ke bagian Afrika Utara dimasa mendatang. Layanan ini nantinya akan free untuk digunakan oleh siapapun yang berada dalam area coverage dari satelit GPS/SBAS.

EU selama ini telah melihat banyak nya teknologi GPS yang lebih akurat dan mereka telah melakukan testing mode sejak tahun 2006. EGNOS merupakan kelanjutan dari EU Galileo project, dimana Eropa saat ini mendambakan sistem satelit GPS tersendiri dan telah menjadi delay yang cukup lama hingga diperkirakan akan mulai beroprasi pada tahun 2014.

Dengan demikian para pengguna dari Amerika juga telah memiliki teknologi yang sama dengan teknologi yang dimiliki EGNOS saat ini yang disebut dengan Wide Area Augmentation Service (WAAS) dan Jepang juga sedang mengerjakan sistem yang sama dengan sebutan Multi-Functional Satellite Augmentation System (MFAS).

comments powered by Disqus