Konfigurasi Wifi lewat Group Policy

July 04, 2009

Reading time ~4 minutes

Menggunakan Wireless networks sangat menyenangkan dan nyaman saat ini, karena teknologi ini mengeliminasi penggunaan kabel Ethernet untuk interkoneksi. Jika anda menggunakan domain, mungkin anda akan kewalahan untuk mengkonfigurasi setiap PC client anda untuk terkoneksi dengan wifi, dengan menggunakan Active Directory dan Group Policy pada windows domain server anda dapat mengkonfigurasi Wireless dengan sangat mudah.

Networking dalam ruang lingkup perkantoran biasanya menggunakan kabel Ethernet dan banyak yang bergantung dengan satu jenis network ini saja, namun banyak juga saat ini yang menggunakan teknologi Wireless sebagai backup jika terjadi gangguan dari kabel untuk saluran internet. Dengan menggunakan Wireless Access Points (WAP) remote user ataupun desktop PCs dapat dengan mudah terhubung ke jaringan dengan sangat cepat. Namun jika anda mengkonfigurasi ini untuk masing masing PC di client anda, maka akan menjadi masalah besar apalagi kalau anda adalah seorang technicall support. Dengan menggunakan Active Directory saat anda melakukan setting pada wireless infrastructure dapat menyelesaikan ini dalam waktu yang sangat cepat.

Pendahuluan

Pertama tama, anda harus membuat Group Policy Object (GPO) yang baru, untuk mengkonfigurasi Wireless settings. Ini berfungsi untuk menyimpan semua informasi yang ada pada wireless setting sehinga kita dapat meng enable ataupun disabled elemen konfigurasi dengan mudah.

Note: Sebaiknya untuk memudahkan anda mengkonfigurasi ini anda gunakan tools, Group Policy Management Console (GPMC) — yang tersedia pada Microsoft downloads.

Lakukan langkah berikut:

  1. Buka GPMC dari menu Administrative Tools.
  2. Kembangkan Forest node pada bagian kiri console.
  3. Kembangkan Domains dan kembangkan domain anda.
  4. Tentukan lokasi Organizational Unit (OU) yang akan anda link ke GPO.
  5. Klik kanan pada OU tersebut dan pilih Create and Link a GPO Here.

Note: Ketika GPO sudah masuk disini, setiap objek yang ada pada OU akan memiliki policies yang di definisikan melalu GPO yang telah di link.

Masukan nama GPO yang sudah anda pilih dan klik OK. Ini akan membuat sebuah object dan link ke OU. Pastukan anda memberikan deskripsi yang tepat untuk GPO agar di masa mendatang anda mudah mencari konfigurasinya. Saat object sudah jadi, maka belum ada setting object yang di definisikan. Klik kanan pada GPO dan pilih edit untuk meng konfigurasi setting yang anda butuhkan.

Settings untuk GPO

Saat anda membuka GPO untuk editing, akan tersedia banyak opsi configuration yang dapat anda gunakan. Untuk mencari Wireless setting, kembangkan computer configuration node, dan kembangkan Windows Settings lalu ke, Security Settings.

Didalam Security Settings anda akan menemukan Wireless Network (IEEE 802.11) Policies. Klik node ini untuk mendisplay configuration item nya.

Membuat Wireless Network Policy

Klik kanan pada bagian kanan windows console dengan keadaan Wireless Network Policies node highlighted dan pilih  Create Wireless Network Policy, seperti pada gambar dibawah ini:

Membuat Wifi GPOMembuat Wifi GPO

Ini akan membuka Wireless Network Policy Wizard. Klik Next untuk mem bypass welcome screen. pada screen berikutnya masukan nama untuk Wireless Network Policy dan berikan deskripsi yang jelas seperti pada gambar dibawah ini.

Note: Dengan menggunakan deskripsi yang jelas dapat membantu anda mencari dan merubah konfigurasi di masa mendatang.Note: Dengan menggunakan deskripsi yang jelas dapat membantu anda mencari dan merubah konfigurasi di masa mendatang.

Dengan mengklik Next maka anda akan selesai mengikuti wizard dan menampilkan Completing the Wireless Network Policy Wizard dialog box. Biarkan Edit properties box dalam keadaan ter check sehingga anda dapat berpindah ke dalam window untuk membuat settings dari policy, seperti pada gambar ini:

Network PolicyNetwork Policy

Pada bagian properties untuk Wireless network policy, general page akan menampilkan settings yang sudah di buat melalui wizard, maka selanjutnya anda akan mengkonfigurasi bagian ini:

  • Check for Policy Changes Every x Minutes akan mengeset interval untuk memeriksa update.
  • Networks to Access options: - Any available network (access point preferred)
  • Access point (infrastructure) networks only
  • Computer to computer (ad hoc) networks only
  • Gunakan Windows untuk mengkonfigurasi Wireless Network Setting sehingga Client PC akan menggunakan Windows untuk me manage wireless settings pada komputer mereka.
  • Automatically Connect to Non-Preferred Networks akan memungkinkan user lain untuk terhubung ke wireless network yang lain yang tidak ter list pada tab preferensi pada properties dialog box.

Preferred Networks tab pada Wireless Network Policy Properties dialog (Figure D) akan memungkinkan anda untuk mengkonfigurasi preferred network yang client dapat gunakan.

Network PolicyNetwork Policy

Untuk menambahkan preferred network, lakukan langkah berikut ini:

  1. Klik Add button pada Preferred Networks tab.
  2. Masukan Network Name (SSID) untuk preferred network.
  3. Berikan deskripsi pada kotak description untuk network.
  4. Pilih mode Network Authentication untuk jenis network.

Anda dapat memilih beberapa jenis network type seperti:

  • Open: no authentication needed
  • Shared: authentication key shared automatically
  • WPA: Wi-fi Protected Access
  • WPA-PSK: Wi-Fi Protected Access – Pre Shared Key

Pilih data encryption type yang sesuai dengan settings di WAP anda, untuk Open and Shared authentication types, anda dapat memilih untuk tidak mem provide key secara otomatis. Dengan begitu WPA setting option akan menjadi abuu-abu.

Klik OK untuk menutup properties dialog box. Setelah itu biarkan Group Policy untuk me refresh Domain anda, setiap objects yang akan berpindah ke OU ini dimana GPO ini telah melink dan aktif maka setiap user akan menggunakan Wireless Network Policies yang sudah dibuat.

[Sumber: Derek Schauland, TechRepublic]

comments powered by Disqus