Kaspersky patenkan antivirus hardware

February 27, 2010

Reading time ~1 minute

karskpersky membuat av berbasis hardwarekarskpersky membuat av berbasis hardware

Kantor badan paten di AS beru baru ini telah meng approve sebuah form aplikasi dari Kaspersky Lab atas paten terbarunya yaitu hardware based antivirus solution. Hardware baru yang akan di implementasikan kedalam modul antivirus ini kabarnya tidak dapat di bypass oleh rootkits apapun karena AV ini akan memiliki CPU dan memory tersendiri.

Anti-virus (AV) yang di implementasikan kedalam hardware akan membantu AV module untuk menyembuhkan komputer yang terinfeksi virus dan akan memiliki cara yang mudah untuk mengupdate AV database pada masing masing komputer. Hardware-based AV system nantinya akan diletakan dinatara PC dan peralatan disk. Selain itu hardware-based AV system ini dapat dipasangkan pada device yang terpisah, ataupun juga dapat langsung di integrasikan dengan disk controller pada motherboard anda. Metode update AV database ini menggunakan 2 pendekatan. Pertama, update akan di transfer dari atau ke sebuah modul utility untuk dimasukan ke update sector dari sistem AV. Lalu update tersebut akan di verifikasi oleh AV system dan AV database pun ter update. AV system ini memiliki CPU dan memory tersendiri dan ini juga dapat dikombinasikan dengan aplikasi AV.

Dari sisi manfaat, penggunaan hardware-based AV belum cukup efektif, memang dia akan membantu mengamankan pc dari root kit dan lebih ringan karena memiliki CPU dan memory tersendiri akan membuat resource komputer anda tidak akan banyak dimakan oleh AVnamun sayang nya AV ini hanya mampu memonitor operasi yang terjadi pada disk saja, dimana saat ini untuk sekuriti modern seharusnya mampu memonitor koneksi network.

comments powered by Disqus