IPhone dengan Linux Kernel

December 09, 2008

Reading time ~1 minute

Jika anda memang betul betul seorang Linux user sejati, mungkin kebiasaan akan menemui tantangan menginstall operating system (linux) yang mereka pilih ke berbagai macam jenis transistor didalamnya. Dan ini hanyalah masalah waktu tidak lama lagi semua itu akan terjadi.

Baru-baru ini Linux telah berhasil di porting kedalam mesin iPhone dan iPod touch tentu saja ini bukanlah hal yang mengejutkan karena paltform mereka dapat dikatakan mirip. OpeniBoot, dengan mengadopsi Linux 2.6 kernel kedalam iPhone platform yang dikembangkan oleh iPhone DevTeam, orang yang sama yang pernah melakukan cracking the iPhone firmware setiap versi terbarunya muncul.

Kemampuan dari OpeniBoot masih sangat terbatas untuk saat ini, Belum mengsupport penulisan kedalam flash memory, menggunakan touch screen, wireless networking, apalagi fungsi cell phone, sound, atau accelerometer. Jika anda berharap anda akan menemukan fungsi sepenuhnya dari Linux iPhone untuk saat ini pastinya hasilnya masih mengecewakan.

Ada juga rumor adanya kemungkinan menginstall Google Android OS kedalam iPhone, walaupun ini terkesan melakukan overhaul mesin Porsche untuk berjalan pada Hyundai. Namun kemungkinan itu tidak akan pernah tertutup, jadi kita tunggu saja kabar baiknya.

comments powered by Disqus