iPhone 5 atau iPhone 5s?

July 15, 2013

Reading time ~2 minutes

Harga iPhone 5 masih stabil diatas 7 jutaan. Harga yang cukup tinggi mengingat spesifikasi iPhone 5 sudah ketinggalan jaman dibandingkan ponsel lain diharga yang sama. Kapan dirilisnya seri iPhone terbaru belum ada tanggal pasti, tetapi sudah pasti akan dilakukan tahun ini.  Kedua produk memang ada pros dan cons, disatu sisi survey pengguna Iphone lebih dominan menyatakan puas dengan produk Iphone 5 yang dibuat nya, memang Iphone juga meninggalkan Bug yang sangat sangat di benci para pengguna Iphone, sebut saja aplikasi map dan hilang nya youtube. Android hanset tak kalah juga, survey membuktikan Android paling banyak mendapatkan komplain terhadap software nya ketimbang IOS, dan pengguna Android lebih banyak yang tidak merasa puas dengan handset nya. Keduanya memang memiliki pros and cons masing masing.

iPhone 5s?

Harga iPhone 5 tidak sebanding dengan spesifikasi yang ada. Perangkat lain dikisaran harga yang sama sudah memiliki kamera, layar, kecepatan dan fitur yang lebih baik dari iPhone 5. Sebut saja Samsung Galaxy S4 dan Sony Xperia Z yang lebih cepat, memiliki resolusi kamera lebih bsar dan layar HD. Jika melihat perbandingan harga beberapa ponsel pintar ini, sudah waktunya kita menunggu iPhone 5s.

Banyak rumor yang beredar mengenai spesifikasi iPhone 5s. Tetapi mengingat gencarnya perkembangan perangkat Android, ada beberapa spesifikasi iPhone 5s yang berbeda dari iPhone 5. iPhone 5s sudah pasti akan menyertakan chip NFC, layar HD, Kamera 13 Megapiksel dan prosesor yang lebih cepat.

Selain itu, iPhone 5s akan membawa iOS 7 yang sudah terlebih dahulu tersedia untuk iPhone 5. Kabarnya teknologi pengenalan sidik jari akan mulai diperkenalkan pada iPhone 5s. Seperti kita ketahui, iPhone dan produk Apple lainnya sangat rentan dicuri atau mengundang para penjahat. Hal ini karena harga iPhone 5 bekas juga tinggi. Tampaknya Apple mulai serius menggarap fungsi keamanan untuk produknya.

Peluncuran iPhone 5s juga akan berbarengan dengan iPhone versi murah yang rumornya diberi nama iPhone Light. iPhone murah ini menyasar pasar anak muda. Jika peluncuran iPhone akan terjadi pada akhir tahun ini di Amerika Serikat, maka akan butuh waktu 1 hingga 3 bulan untuk iPhone terbaru tersedia di Indonesia.

Dengan hadirnya iPhone 5s tentunya harga iPhone 5 akan turun. Memang dirilisnya iPhone 5s belum pasti. Selain itu spesifikasinya juga masih misterius. Tetapi yang pasti, spesifikasi iPhone 5s akan lebih baik dari iPhone 5. Bagi yang ingin membeli iPhone 5 atau iPhone 4s sebaiknya menunggu akhir tahun. Walau iPhone 5s belum hadir di Indonesia, tetapi harga iPhone 5 dan 4s sudah pasti turun saat perilisan iPhone 5s di Amerika Serikat. Jadi anda pilih iPhone yang mana?

comments powered by Disqus