Intel Moblin Mobile Device berbasis Linux

December 13, 2008

Reading time ~1 minute

Intel open source project dengan nama Moblin platform akan mulai di pasarkan utnuk para consumer electronic product. Linux-based platform ini di desain secara khusus untuk mobile Internet devices dengan menggunakan Intel Atom processor. Project ini di jalankan tahun lalu yang berjalan dengan lancar.

Gigabyte juga mempersiapkan device baru ini dengan nama M528, yang merupakan Moblin-based device pertama, di Taipei. Device ini menggunakan 800Mhz Atom processor, 4GB internal storage, 512MB RAM, 3MP camera, dan 4.8-inch LCD touchscreen yang mensupport resolusi sampai 800×480. Ini juga mensupport untuk WiFi dan 3G.

IDG telah melaporkan kalau produk ini akan hadir dalam kisaran NT$12,900 (US$386) dengan 2-tahun kontrak 3G service dengan Chunghwa di Taiwan. Kabarnya device ini akan menjadi rival berat Apple 3G iPhone, yang juga akan di launch di Chunghwa bulan depan.

Intel telah memper erat hubungan degnan Taiwan partner, dan secara signifikan akan banyak konsumer yang akan menggunakan Moblin-based device. Perusahaan raksasa ini mengumumkan kalau mereka akan membangun Moblin development center di Taiwan sebagai bagian dari perjanjian dengan Mentri Ekonomi di negara tersebut. Intel juga melakukan investasi pada VMAX, sedangkan beberaepa mobile carrier telah siap untuk mengeluarkan Taiwan WiMAX network. Walaupun Gigabyte dan beberapa Moblin devices belum mengsupport WiMAX, fitur ini akan disertai dengan pada Atom-based MID product berikutnya.

Gigabyte M528 menggunakan based design dari Compal, sebuah ODM dari Taiwan. Design yang sama juga digunakan pada Aigo untuk tipe P8860 MID. Kedatangan Moblin membawa suara baru bagi para Linux distributor, teknologi ini menggunakan GNOME Mobile Embedded stack dan Hildon sebagai interfacenya, dab beberapa fariatif GTK+ toolkit yang secara original di design oleh Nokia untuk Internet tablet device mereka. tentu saja, didalamnya sudah terdapat Firefox 3 web browser. Bagi para Developer yang ingin memulai melakukan hacking pada platform ini anda dapat men download source code nya dari Intel Git repository.

comments powered by Disqus