Intel menuju ke 22nm pada tahun 2011

April 23, 2009

Reading time ~1 minute

Paul Otellini dan 32nm wafer Paul Otellini dan 32nm wafer

Sebagai pemimpin dunia dalam bidang semiconductor, Intel selalu menunjukan teknologi manufaktur processors terdepan sebagaimana yang akan kita nikmati tahun ini adalah hadirnya teknologi 32nm processor pertama dalam code name Clarkdale dan Arrandale. Sedangkan yang lainya TSMC juga telah merencanakan akan teknologi 28nm di masa mendatang, Teknologi ini keduanya akan dikembangkan oleh AMD dan NVIDIA. Saat ini perencanaan masa depan Intel telah terpapar dengan jelas, dan nampaknya Intel akan dengan mudah meng skip teknologi 28nm dan langsung menuju ke 22nm.

Intel memilih untuk skip dari setengah titik processor dari 28nm ke 18nm untuk generasi processor berikutnya, tidak sama dengan AMD dan NVIDIA yang mentargetkan 40nm untuk graphic circuit sebelum berpindah ke 32nm. Graphic circuit.

Intel juga akan mengeluarkan microarsitektur terbaru dengan sebutan Sandy Bridge pada tahun 2010 bisa dikatakan ini adalah bentuk kecil nya dari Nehalem ke Westmere (45nm->32nm), Sandy Bridge akan diperkecil sampai berukuran 22nm (yang sebelumnya berasal dari 32nm) pada tahun 2011, bersamaan dengan Ivy Bridge. Dari situ dapat di ekspektasikan kalau processor ini mungkin setidaknya akan memiliki 4 ataupun 8 core pada Ivy Bridge yang akan keluar pada tahun 2012 dan menggantikan teknologi arsitektur 22nm. Intel nampaknya sangat optimis dengan rencana ini ditambah lagi dengan tick tock strategy yang dapat di aplikasikan intel untuk menangani biaya produksi.

comments powered by Disqus