Intel “Harpertown” Xeon & AMD “Barcelona” Opteron

September 20, 2007

Reading time ~3 minutes

ImageShack

Intel telah merelease quad-core Xeon line-up nya, dengan code-named Harpertown. AMD juga akhirnya terlah merelease quad-core Opteron, dengan code-named Barcelona Bagaimana persaingan sengit AMD dan Intel saat ini ?
Harpertown akan di launch dengan clock speeds sampai 3.16GHz, dan juga untuk versi yang two low voltage (2.3GHz dan 2.6GHz). Rumor mengatakan Intel akan meraih sampai 3.4GHz dengan processor 45nm terbarunya. Barcelona juga melaunching processornya pada 2.0GHz sampai 1.7GHz. Sedangkan untuk low voltage Barcelona akan merelease 3 jenis processor 1.7GHz, 1.8GHz and 1.9GHz. Bisa dikatakan kalau AMD agak mengecewakan saat ini karena merelease processor yang clock speednya tidak lebih tinggi dari yang sebelumnya, namun mereka merencanakan akan merelease clock yang lebih tinggi pada akhir tahun ini.

Isi Harpertown Xeon

ImageShack Secara garis besar Harpertown adalah sebuah “tick” (istilah intel tentang tick tock atau dengan kata lain minor update dari Intel’s nomenclature), namun banyak perubahanya. Harpertown buka hanya di usung dengan micro-architecture changes yang bervariasi, namun dia berbasis pada 45nm manufacturing process. Berikut adalah beberapa teknologi baru yang di adopsi pada Harpertown

45nm

Xeon terbaru ini telah menggunakan teknologi 45nm, dimana memiliki feature yang lebih rendah terhadap power consumption, mengurangi ukuran die(dan meningkatkan jumlah transistor), dan ini telah mendorong Intel untuk mencapai clock speeds yang lebih tinggi. Harpertown akan mencapai clock maksimum pada 3.2GHz, namun clock yang lebih tingginya diperkirakan akan keluar seperti rumor rumor yang sudah ada. Untuk lebih dalam memahami Intel’s 45nm process, anda bisa mengikuti Artikel ini.

1600MHz FSB

Front Side Bus (FSB) sekarang sudah mencapai 1600MHz. dengan meningkatnya Bus Speed ini akan meningkatkan Intel bus speed dan menghindari bottleneck seperti yang ada pada QuickPath (Intel’s on-die memory controller).

12MB L2

Masing masing set dari two cores memiliki total 6MB L2, dimana jika di total secara keseluruhan L2 cache akan mencapai 12MB. Tentu saja ini akan meningkatkan performance intel.

New SSE4 Instructions

Harpertown sudah memasukan feature Intel Streaming SIMD Extensions 4 (SSE4) instructions, yang merupakan instruction set unik terbesar yang eprnah ada Semenjak SSE Instruction yang original masih berbasis pada Set Architecture (ISA).

High-K Process Technology

Dalam memperpanjang hukum Moore’s, Intel menggunakan material terbaru pada transistors nya yang merupakan kombinasi dari k gate dielectrics dan metal gates. Teknologi ini akan meningkatkan kecepatan switching pada transistors dan membantu menurunkan power consumption sehingga kembali Intel akan melanjutkan teknologi faster processors dengan less power.

AMD Quad-Core Opteron (Barcelona)

ImageShack Quad-core terbaru dari Opteron AMD adalah (x86) quad-core processor pertama yang memiliki feature 1 die dalam 4 cores. Barcelona berbasiskan proses fabrikasi 65nm, dan rumor juga mengatakan tahun depan AMD baru akan berpindah ke 45nm process. Bukan hanya 4 cores dalam 1 die, quad-core Opteron terbaru ini memiliki beberapa features, banyak beberapa perubahan micro-architectural yang terjadi disini dari versi sebelumnya dual-core Socket-F platform. Berikut adalah main highlights dari quad-core Opteron.

Independent Dynamic Core Technology
AMD Selalu merasa semakin tangguh untuk meningkatkan performance nya di setiap per-watt nya dan memiliki core core yang independen, dan dengan feature ini AMD dapat mengatur frequency dari masing masing core secara individual. Dengan adanya feature ini memungkinkan AMD untuk dapat lebih mengontrol power levels dan menurunkan power consumption secara menyeluruh dan Menurunkan TCO.

AMD CoolCore Technology
Dengan teknologi yang unik ini mampu mengevalluasi bagian mana saja pada die (cores/memory atau keduanya) yang dibutuhkan oleh aplikasi, sehingga ini dapat memotong power yang tidak di gunakan oleh transistor area sehingga ini mampu mengurangi konsumsi power dan panas yang lebih rendah.

SSE128
Generasi Opteron sebelumnya memiliki 2 clock cycle untuk mengeksekusi operasi 128-bit SSE. Barcelona kini dapat mengeksekusi operasi 128-bit SSE hanya dengan single clock cycle.

2MB L3 Shared Cache
Untuk mendukung aplikasi multi-threaded, AMD menambahkan 2MB pada L3 cache pada semua ke empat core nya. Susunan cache untuk new Barcelona terdiri dari: 64KB L1 cache (64K untuk masing masing data dan Instruksi) dan 512KB L2 cache per core, dilanjutkan dengan 2MB L3 shared cache.

Drop-in to existing Socket-F
Barcelona tetap menggunakan Socket-F platform, Sehingga Socket-F servers (dengan BIOS update) dapat menggunakan quad-core Barcelona dengan mudah. Sebagai contoh, S3992 Tyan Board telah memberikan BIOS upgrade dan sudah siap mengadopsi Barcelona.

comments powered by Disqus