Lanjutan Sandy BridgeLanjutan Sandy Bridge

Sandy Bridge belum saja keluar lama, namun Intel telah memberikan kita penampakan akan platform barunya. Update berikutnya dari prosesor generasi Intel yang akan dikeluarkan pada akhir quarter ke 4 tahun ini memiliki code-named “Ivy Bridge” yang tentu saja masih menggunakan architecture yang sama dengan Sandy Bridge dan akan menggunakan teknologi 22nm dan juga telah mensupport  DirectX 11 GPU.

Intel selalu meng update mikro arsitekturnya dengan dengan semakin memperkecil ukuran prosesornya yang merupakan bagian dari  strategi Tick, Tock yang mereka miliki. Langkah berikutnya dari arsitektur baru ini Sandy Bridge, Ivy Bridge akan memiliki transistor yang lebih kecil dengan menggunakan teknologi 22 nanometer.

Dengan ukuran transistor yang semakin kecil, maka akan memberikan ruang baru bagi mereka untuk menambah kemampuan prosesor tersebut, khususnya dalam integrasi Intel integrated GPU. Intel memperkenalkan Sandy Bridge dengan integrated GPU yang menghasilkan kemampuan 2x lebih hebat dari generasi yang sebelumnya.

Sandy Bridge nantinya hanya akan mensupport DirectX 10.1 dan menurut Intel saat ini belum waktunya mereka untuk mengadopsi  teknologi yang ada pada DirectX 11 dengan Sandy Bridge. Sehingga, nantinya Ivy Bridge akan jadi satu satunya prosesor pertama Intel  yang sudah integrated  dengan DirectX 11 GPU.

Dalam hal integrated graphic, Intel masih berada di belakang pesaing nya AMD, sebagaimana AMD memiliki platform mobile Brazos  yang sudah mendukung DirectX 11- dengan teknologi Fusion APU, dan mereka akan merilis  Zacate dan Ontario awal minggu ini.

Dengan menggunakan DirectX 11 kita akan dapat menikmati efek grafik yang lebih canggih dalam 3D games.

comments powered by Disqus