Install OSx dalam NetBook

December 20, 2008

Reading time ~2 minutes

Laptop micro-sized dengan sebutan “netbook” laptop telah merambah pasar pada tahun ini dan produk ini pun cukup laris manis, sayang nya bagi anda para Mac user, belum ada netbook ini yang diperuntukan menggunakan OS X. Mungkin kita dapat menunggu Apple untuk release model dari mereka sendiri, pada dasarnya anda dapat melakukan hacking pada standard PC netbook untuk menjalankan versi patched dari OS X.

netbookmac_20081215

Dan yang berasal dari Uneasy Silence menggunakan OSx 10.5 berjalan dengan mulus pada Dell Mini (photo) dan mendokumetnasikan langkah langkah yang perlu anda lakukan untuk membuatnya dapat berjalan di netbook anda:

Kevin merekomendasikan untuk chipset dan processor dari Dell mini mirip dengan MSI Wind yang dapat dengan mudah meng slipstreamed OSX version 10.5, jadi menggunakan MSI Wind akan lebih sempurna dan lebih mudah untuk membuat OS ini up and running.Beberapa langkah untuk meng Leopard-ize Dell mini sebenarnya termasuk simple dan mudah untuk di ikuti. Setelah anda mendownload slipstreamed ISO dan memburn 3.2GB ISO nya kedalam DVD dan anda boot up Dell mini dengan menggunakan external DVD drive (tekan 0 (Nol) pada layar BIOS) dan anda dapat menginstal Leopard seperti biasanya.

Brian Chen dari Gadget Lab memposting sebuah video yang memperlihatkan bagaimana menginstall OS ini dengan menggunakan MSI Wind, dan mengenai isu anda harus mengganti wifi card anda pada MSI kali ini tidak lagi, anda tidak diharuskan untuk mengganti card ini.

Kevin C. Tofel dengan jkontherun blog nya menulis berita baik bagi para pengguna MSI Wind:

I’ve run OS X on my MSI Wind netbook as well as my touchscreen Samsung Q1UP UMPC… it’s a great experience when you want OS X but don’t want to carry a 4.5+ pound machine or can’t drop $ on the MacBook Air.I wanted to point one thing out that might be of benefit to your readers. You mentioned that MSI Wind owners need to swap out their WiFi card, but that actually changed just yesterday.

Realtek decided to create unofficial drivers for their wireless module, which is used in the MSI Wind. As a result, you can now get OS X to recognize the native WiFi card. This tip could save some folks the time, effort and cost of a replacement module.

Beberapa links penting bagi anda yang ingin menginstall OSx pada Netbook:

comments powered by Disqus