Virtualization Infrascructure IT

September 04, 2008

Reading time ~2 minutes

Virtualisasi menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam dunia infrastruktur IT dan telah berhasil menjadi sebagai salah satu solusi cost efisiensi untuk peralatan hardware dan mudah untuk di manage dan lebih efisien. Virtualisasi juga membuka pintu yang baru tentang bagaimana perusahaan mengatur IT infrastruktur nya. Berikut ini adalah beberapa point hal penting untuk mengimplementasikan Infrastruktur virtual ini kedalam basis bisnis nya:

  • Lowers energy costs. Tentu saja dengan virtualisasi akan lebih hemat energi. Dengan virtualisasi tentu saja ini akan meminimalisasi kebutuhan hardware yang dibutuhkan oleh perusahaan utnuk mengsupport aplikasi yang di implementasikan dan sangat bergantung dengan kebutuhan akan hardware.
  • Creates new possibilities for automated disaster recovery. Perusahaan juga membutuhkan fleksibilitas untuk membuat sistem Disaster Recoverynya pada tempat yang berbeda dan hardware yang berbeda. Membeli servers yang terpisah dan media penyimpanan khusus untuk merecover setiap aplikasi satu persatu tentu saja ini akan menghabiskan cost yang cukup tinggi. Dengan virtualisasi, perusahaan dapat menggunakan satu server untuk merecover aplikasika yang tedapat di dalam server baik itu fisik maupun virtual server. Dimana saat ini fail-overs masih sangat sulit sekali untuk di konfigurasi sedangakan jika menggunakan Virtualisai misalnya saja software seperti VMware Site Recovery Manager membuat plug-and-play disaster recovery menjadi hal yang sangat mudah untuk di implementasikan.
  • Eliminates the need to oversize hardware or engage in crystal-ball gazing. Saat ini, banyak perusahaan secara umumnya membeli the most powerful hardware untuk aplikasi barunya dengan alasan lebih mudah dan lebih murah karena lebih baik membeli yang berlebih daripada kurang. dan sebaliknya ada juga beberapa perusahaan yang lebih baik melakukan estimasi dari workload aplikasi yang di emban server dan menentukan ukuran dan spesifikasi hardware dengan benar. Dengan menggunakan teknologi virtualisasi, perusahaan dapat meng utilisasi kebutuhan hardware nya lebih efisien dan menghabiskan waktu yang sangat kecil untuk mengskala aplikasi, Semenjak beberapa software virtualisasi mampu secara dinamis memperkecil ataupun memperbesar data dari aplikasinya sesuai dengan kebutuhan.

Dengan menggunakan hardware dan virtualisasi pada IT Infrastruktur akan menjawab setiap dinamika perubahan atapun penambahan aplikasi pada sistem bisnis dan IT di dalam perusahaan yang kita tahu pergerakanya sangat cepat dan menyita cost, waktu dan finasial.

comments powered by Disqus