IBM mulai mengincar Sun Microsystems

March 23, 2009

Reading time ~3 minutes

ibm-office-parisNEW YORK (Reuters) – Saat ini IBM sedang asik membicarakan tentang Sun Microsystems Inc, menurut sumber nya pergerakan IBM ini mampu meningkatkan persaingan teknologi pada high-end computer server market.

International Business Machines Corp setidaknya menawarkan US$6.5 juta , atau melipat gandakan Sun saham SUN yang ditutup pada minggu lalu sekitar US$4.97, Wall Street Journal juga melaporkan hal ini sebelumnya saham Sun dapat meningkat hingga 64 pada pre-market trading menjadi $8.16, dimana akibat nya saham IBM turun 2 persen menjadi 90.89.

Jika mereka mencapai kata sepakat, ini akan menjadi akuisi terbesar yang pernah dilakukan IBM, yang nantinya mereka akan memfokuskan pada kekuatan teknologi dari sisi software dan services businesses, ketimbang hardware.

Analysts juga memperkirakan ini akan menjadi trend sebagai mana Hewlett-Packard Co, IBM dan Cisco Systems Inc banyak bermain di bidang korporat data center dan saling berkompetisi untuk mensupply high-end computer dengan kompleksitas masing masing sesuai dengan kebutuhan korpoorasi dan jaringan mereka.

“Hal ini jadi semakin masuk akal, ketika melihat perkembangan Sun beberapa tahun belakangan ini sudah pasti SUN telah dilirik oleh berbagai perusahaan raksasa lain kata Jyske Bank analyst Robert Jakobsen, yang bicara dari Denmark.

“Selain itu juga beliau berkata ini akan menjadi proses sinergi yang sangat besar khususnya dalam mengkombinasikan 2 perusahaan ini”. “Sedangkan dari sisi bursa saham Sun Microsystems sedang mengalami masa yang tidak baik selama 12 months ini. Jadi akuisisi ini jika terjadi bukanlah harga yang mahal.”

Sun, yang sampai saat ini belum memberikan komentar sebagaimana yang dihadapi mereka juga cukup berat seperti IBM, HP, Dell Inc ataupun Cisco, yang baru baru ini menawarkan comprehensive set untuk sebuah data center products minggu minggu ini. Sedangkan ini SUN telah mencari konsumer ini dari bulan bulan yang lalu.

Tantangan untuk meningkatkan value ada pada Sun software, hardware dan services businesses sudah sulit untuk bersaing untuk merebut market shar. Sun belum benar benar pulih dari sebuah dotcom pada awal tahun 2000, saat kebutuhan aakn server mulai tumbuh.

IBM, juga yang baru baru ini berhasil meraup keuntungan $13 juta dalam cash pada akhir tahun 2008 ini juga menolak untuk memberi komentar. Karena ini adalah pembelian terbesar yang pernah mereka lakukan, yang sebelumnya mereka mengeluarkan uang sebesar US$5 juta untuk membeli software maker dari kanada yang disebut dengan Cognos pada tahun 2008.

IBM saat ini merupakan top supplier untuk servers sampai pada kuarter ke 4 ini dengan market share 36.3 persen, menurut market researcher IDC. HP memiliki 29.0%, yang di ikuti oleh Dell dengan 10.6%, sedangkan Sun 9.3%, dan Fujitsu 4.2%.

Kelima server vendor ini menolak untuk mempublish keuntungan kuarter ke empatnya, untuk menghindari aksi tarik balik dari pengeluaran teknologi karena melemahnya ekonimi global.

IBM terus bergerak sebagai mana Cisco juga telah mengumumkan kemungkinan akan adanya gelombang partnership dan akusisi pada data center market sebagaimana perusahaan ini akan memberikan produk yang lebih komperhensif untuk service customer.

Cisco akan bermain pada data equipment maker dengan mengincar sejumlah perusahaan raksasa lainya, seperti Brocade Communications Systems Inc, yaitu sebuah infrastructure software maker Citrix Systems Inc dan niche network optimization companies, seperti Blue Coat Systems Inc dan Riverbed Technology Inc.

“IBM masih menginginkan untuk menjadi one-stop shop for all IT related offer, apapun hardware, software service ataupun solutions,” kata Avinash Vashistha, chief executive pada IT consulting firm Tholons Inc. “Mereka telah mengeksekusi strategi ini pada tahun belakangan ini dan untuk mencapai hal itu mereka ingin mengakuisisi Sun untuk mengakselerasi percepatan ini.”

Sun, yang kepanjangan nya berasal dari Stanford University Network, yang bangkit pada era 1990 pada saat start-up bermain pada high-end computer, yang menjalankan OS Solaris dan banyak dipakai pada industri financial service.

comments powered by Disqus