IBM menggunakan OpenSolaris Prototype untuk IBM Mainframe

November 08, 2008

Reading time ~1 minute

IBM dan Sun Microsystems telah membuat suatu kerjasama baru untuk membuat proyek open source code untuk operating system OpenSolaris yang akan digunakan pada IBM System z mainframe. IBM dan Sun pada tanggal 3 Nov telah mengumumkan keberadaan prototype akan OpenSolaris-based code yang berjalan di IBM System z mainframe. SNA mendeveloped prototype yang dilengkapi degnan financial assistance dari IBM bersama dengan technical assistance dari Sun.

Pada November 2007, Gartner Data Conference, IBM, Sun dan SNA mendemokan stage awal dari OpenSolaris-based prototype yang berjalan pada IBM mainframe, di ilustrasikan kalau OpenSolaris operating system dan IBM mainframe mampu membuktikan kemampuanya untuk memvirtualize data center.

IBM mainframe saat ini memberikan environment yang baik untuk OpenSolaris platform, khususnya bagi yang ingin melihat reliability dan skalabilitas yang di tawarkan oleh IBM System z. Sehingga kedepanya penggunaan aplikasi C/C++ Solaris-based yang berjalan pada Sun hardware dapat dengan mudah di migrasi ke OpenSolaris ke System z, Sun secara resmi mengatakan Sun Solaris, yang telah menjadi OpenSolaris telah banyak digunakan di banyak data center untuk memenuhi financial service dan sektor lainya. dan IBM secara resmi pun meng claim bahwa menjalankan Solaris pada IBM mainframe dalam virtualize environment akan memberikan keuntungan resource management.

lebih spesifiknya dengan adanya perpindahan ini dapat menekan biaya energi, space lantai, consolidate hardware dan kemudahan untuk mengatur complex transactions ini, kata IBM.Misalnya sebuah IBM z10 mainframe akan sama dengan 1,500 x86 dengan 85% pengurangan penggunaan biaya energi dan 85% lebih kecil menghabiskan tempat data center.

Anda dapat men download prototype mengenai Opensolaris ini.

comments powered by Disqus