IBM Membangun 3 Petaflop Supercomputer untuk Jerman

December 31, 2010

Reading time ~1 minute

Bendera JermanBendera Jerman

Perlombaan kemampuan komputasi dunia semakin gesit, [intlink id=”3538″ type=”post”]setelah China[/intlink], kali ini Bavarian Academy of Science dari Jerman mengumumkan kalau mereka telah mengkontrak IBM untuk membangun supercomputer yang akan selesai pada tahun 2012, supercomputer ini akan sanggup mengeksekusi hingga 3 petaflop, dengan demikian jika menjadi kenyataan super computer ini akan menjadi the most powerful supercomputer yang ada di dunia.

Teknologi yang disebut dengan SuperMUC ini akan dijalankan oleh Academy Leibniz Supercomputing Centre di Garching, Jerman, dan akan tersedia untuk para researcher dari Eropa untuk melakukan penelitian mengenai medicine, astrophysics dan juga beberapa riset sains. (Singkatan MUC ini berasal dari Munich airport code).

Sistem ini akan mengusung 14,000 Intel Xeon processor yang dikendalikan oleh IBM System x iDataPlex server. Selain itu sistem baru ini akan menggunakan sistem cooling terbaru yang sudah dikembangkan oleh IBM yang disebut dengan Aquasar, teknologi ini akan menggunakan air panas untuk mendinginkan processor, sehingga, desain tersebut akan mampu menurunkan penggunaan listrik hingga 40%, claim IBM.

Sistem ini diperkirakan akan berada pada ranking teratas dalam Top500 list of world most-powerful computer. Dan juga akan menjadi salah satu pesaing dari [intlink id=”3538″ type=”post”]Tianhe-1A yang berada di China[/intlink] dengan kemampuan 2.67 petaflops (petaflop merupakan quadrillion floating-point dari kalkulasi per detik).

SuperMUC juga nantinya akan menemui lawan tanding yang baru, yang berada di Lawrence Livermore National Laboratory dan juga Oak Ridge National Laboratory, dimana kedua duanya di kembangkan oleh pemerintah A.S. Department of Energy, yang mana masing masing gedung akan memiliki supercomputer dengan kemampuan 20 petaflop yang juga akan diperkirakan beroprasi pada tahun 2012.

comments powered by Disqus