Hydrogel Display

July 22, 2009

Reading time ~1 minute

Tampilan monitor jadi menggelembungTampilan monitor jadi menggelembung

Hydrogel adalah sebuah materi yang digunakan untuk membuat soft contact lenses baru baru Hydrogel ini di adopsi oleh Georgi Paschew dan Andreas Richter dari Technical University of Dresden untuk membantu orang orang dair masalah penglihatan . Team ini baru saja membuat sebuah alat visual yang inovatif dan digunakan sebagai display yang lebih “smart”. Dengan menggunakan hydrogel. air akan mengisi paket paket gel yang akan di respon oleh hangat yang dikirimkan dari tembakan sinar dengan begitu Hidrogel ini dapat mengecil, mengeras dan menggelembung.
“Materi dasar dari benda ini disebut dengan ‘smart hydrogel’ karena kemampunya untuk merubah elemen dirinya sendiri, bersama dengan medium cairan di sekelilingnya” ungkap Paschew. “Ini adalah kemampuan yang sangat hebat, dimana hydrogel dapat berubah ukuran hingga 2x lipat ukuranya dengan perbedaan setiap 6 derajat Celsius”  Paschew dan Richter membuat sebuah display yang terdiri dari 4,225  packet dengan hydrogel yang berukuran 300- micron. Setiap centimeter kuadrat dari display ini mampu menampung 297 hydrogel “pixels”. Dengan menggunakan penampung polyester hitam dan dibungkus dengan membran plastik khusus,  Hydrogel dapat mengecil dan membesar 2x per detiknya. Paschew saat ini sedang mendiskusikan penemuanya ini untuk menjadi inovasi baru dalam dunia display.

“Dengan menggunakan hydrogel maka kita akan memiliki display dengan resolusi yang sangat tinggi dan bukan hanya itu saja, bagi orang buta pun dapat merasakan ilustrasi sebuah gambar dan pengguna komputer dapat menikmati sentuhan, dan rasa baru dari monitor ini” she says.

“Ini merupakan salah satu teknologi komunikasi channel yang mampu merubah interaksi komputer dan manusia ”

comments powered by Disqus