Hitachi perkenalkan 6″ LCD dengan resolusi tinggi

October 15, 2010

Reading time ~1 minute

Hitachi IPS panelHitachi IPS panel

Hitachi nampaknya telah melakukan banyak pengembangan dalam bidang layar monitor.  Sebagaimana yang ditemui dari nordichardware, Hitachi baru saja memperkenalkan monitor berukuran 6.6″ nya dengan menggunakan teknologi IPS touchscreen. Dengan demikian monitor dengan layar kecil ini mampu memiliki kemampuan menampilkan gambar dalam resolusi 1600 x 1200 pixel dengan 302 ppi, spesifikasi ini hampir sama dengan teknologi yang dimiliki oleh Apple Retina dengan 326 ppi.

PPI adalah Pixels Per Inch yang merupakan sebuah satuan yang digunakan untuk menampilkan resolusi yang ada pada objek tampa adanya jaggies, semakin tinggi ppi makan objek akan semakin smooth. Untuk ukuran mata manusia, kemampuan kita hanyalah 300 ppi.

Teknologi ini memberikan kabar baik bagi pengguna, sebelumnya Samsung Galaxy Tab akan menggunakan 7″ touchscreen dengan kemampuan resolusi 1024×600 pixel, yang hanya memiliki 169 ppi. Jika anda mengetahui hal ini, tentu saja ini lebih buruk dari standard netbook yang sudah ada dengan menggunakan resolusi yang sama, namun memiliki ketajaman yang buruk. Hitachi display juga memiliki kemampuan 800:1 contrast ratio dan 400 cd/m2 brightness.

Nantinya teknologi layar monitor akan memiliki densitas pixel yang lebih tinggi, baik dipergunakan untuk mobile ataupun untuk desktop display, sebagaimana banyak monitor saat ini tersangkut pada resolusi 1080p. Hitachi belum membeberkan informasi detail mengenai jenis monitor yang akan dikeluarkanya, namun tentu saja akan mengejutkan anda.

comments powered by Disqus