Hacker menemukan kelemahan teknologi RFID

February 22, 2009

Reading time ~1 minute

Chris Paget memperlihatkan RFID cloner attenna pada security conference. Mr. Paget menampilkan betapa mudahnya mengambil data dari RFID dengan 2 passport dalam 20 menit di San Francisco (Source: Flickr)Chris Paget memperlihatkan RFID cloner attenna pada security conference. Mr. Paget menampilkan betapa mudahnya mengambil data dari RFID dengan 2 passport dalam 20 menit di San Francisco (Source: Flickr)

Lagi, ternyata teknologi sekuriti terbaru seperti RFID masih juga tidak aman, beberapa tahun yang lalu, RFID dapat dikatakan sebagai teknologi terbaru yang sangat modern dan aman. RFID menjadi ide yang sangat menarik untuk mendigitalisasi proses pengiriman data dan membuatnya semakin efisien dan banyak digunakan untuk tracking tag. Lalu bagaimana jika kita memasukanya kedalam credit card, passport, ataupun tubuh kita? Para ahli telah hadir dengan ide ini pada tahun yang lalu dan saat ini telah banyak digunakan di berbagai kartu kredit, passport U.S, sebagai alternatif dari passport kertas, yang menggunakan RFID chip.

Pada tahun yang lalu proof-of-concept mengenai serangan RFID ini mulai ter ekspos saat RFID akan digunakan sebagai personal identification. Namun saat ini para hacker dapat dengan mudah mengambil data yang tersimpan dalam RFID untuk mengambil informasi kartu kredit dimanapun mereka berada, hanya undang undang dan ganjaran bahaya yang mampu menangani ini.

Saat ini RFID chips sedang melakukan peningkatan security, Passive chips yang dibuat saat ini ditemukan sangat dan ternyata tidak aman. Chris Paget, yang merupakan director dari research and development di Seattle-based IOActive, memerkan hack ini. Dengan menggunakan Motorola RFID reader dengan harga $250 USD dan sebuah antenna dia dapat mengekplorasi jalanan di San Francisco selama 20 minutes, dari situ dia mendapatkan 2 informasi U.S. passport cards. Informasi yang berhasil di kopi ini mampu di clone kedalam card lain dan akhinya dapat membuat passport palsu. Dari demontrasi itu, menunjukan betapa berbahayanya menggunakan RFID dengan membawa informasi rahasia didalamnya.

comments powered by Disqus