GPU powerfull dari AMD’s 780G Chipset

March 27, 2008

Reading time ~2 minutes

Kini diperkenalkan AMD seri terbaru dengan menggunakan 780G chipset, AMD akhirnya telah mengaktifkan fitur HTPC atay multimedia computer untuk HDTV, HD-DVD ataupun Blu-ray playback yang tidak membutuhkan add-in graphics card. (karena AMD telah mengintegrasikan HDCP dan HDMI interface ke chipset predecessor nya, yaitu 690G.) Pada northbridge chip yang terdapat pada 780G chipset ini juga terintegrasi dengan Radeon HD3200 graphics yang mampu meng decode high-definition video codec. Sebagai hasilnya, CPU load akan menurun tidak seperti biasanya hal ini telah di buktikan pada AMD Sempron 3200+ yang mampu melakukan HD video playback. Hingga saat ini keadaan pun menjadi sedikit terbalik karena Intel chipsets semakin lama semakin kelaparan akan konsumsi daya dari generasi ke generasi, desain terbaru dari AMD memang memiliki tujuan untuk mengurangi konsumsi power yang ada di AMD chipset.

Chipset pendahulunya yaitu 690G yang telah di desain oleh ATI, dan di re brand dengan menggunakan AMD logo semenjak 2 perusahaan ini bergabung. Generasi baru dari 780V dan 780G chipsets adalah chipset pertama dari AMD semenjak mengakuisisi ATI, dan bisa dikatakan ini adalah AMD chips yang di damba dambakan.

AMD memiliki banyak alasan mengapa mereka bangga terhadap design ini, yang merupakan salah satu chipsets terbaik yang pernah di test. Hal ini tentunya lebih baik lagi daripada Intel’s chipsets dari sisi fungsional, power consumption dan production process. Dengan mengusung teknologi 55 nm, AMD mampu menurunkan power consumption pada chipset nya. Lain hal nya dengan Intel, yang masih memfabrikasi G33 dan G35 chipsets pada 90 nm, yang menghasilkan thermal yang lebih tinggi dan kehilangan dissipasi. bisa di katakan saat ini 780G chipset telah menembus record sebagai the lowest power consumption.

Saat ini AMD memperkenalkan 2 tipe dari 780G yang muncul dengan disertai Radeon HD3200 chip, dan yang bertipe 780V disertai dengan HD3100 GPU.

Motherboard yang sudah mendukung teknologi ini ada pada Gigabyte GA-MA78GM-SH2 sebagai platform terbarunya.

Spesifikasi lebih detail dari chipset ini bisa ditemukan disini

comments powered by Disqus