Google rilis Open Source NX Server

July 19, 2009

Reading time ~2 minutes

Nomachine remote technologyNomachine remote technology

Teknologi NX dikembangkan oleh NoMachine yang merpuakan sebuah teknologi yang dimanfaatkan untuk me remote X Window dan memungkinkan kita untuk menampilkan desktop display melalui LAN ataupun Internet. Ternyata Google telah lama melakukan riset mengenai teknologi remote desktop hingga akhirnya mereka mengembangkan Neatx yang merupakan salah satu produk dari NX server yang bersifat propitary dan sulit untuk di maintain.

“Yang hebat dari X Window system adalah teknologi ini dapat digunakan melalui jaringan, namun hingga saat ini masih memiliki masalah utama yaitu pengaturan network latency dan bandwidth. Neatx mencoba menjawab dan menyelesaikan amsalah ini” ungkap para Google engineers yang disampaikan melalui open source blog.

NoMachine telah me rilis sebuah bagian dari source code nya untuk teknologi NX dengan menggunakan lisensi GPL, namun untuk NX server itu sendiri masih bersifat proprietary.

Terdapat juga free yang implementation untuk NX server yang diberikan melalui library NoMachine dengan sebutan FreeNX, namun ini tidak cocok untuk Google.

“FreeNX dibuat untuk menggantikan beberapa komponen yang tertutup dan dikembangkan dengan beberapa gabungan pemrograman Bash, Expect dan C, membuat FreeNX sangat sulit untuk di maintain,” menurut Google. “Dengan melakukan design from scratch google yakin kalau mereka dapat membuat Neatx untuk dapat bekerja dan meminimalisasi proses yang ada dengan cara memisahkan baris program ke beberapa library.”

Kali ini Neatx ditulis dalam bahasa Python, dengan gabungan beberapa wrapper scripts dan Bash dalam 1 program yang di tulis dengan C “untuk performance”. “Neatx juga akan menggunakan salah satu produk Google open source project lainya, Ganeti. Code ini masih memiliki masalah namun para developer sangat confident untuk mengembangkan dan memperbaiki masalah ini”. Dengan begitu Google meng claim kalau pengimplementasian Neatx akan berbeda dengan FreeNX, misalnya salah satu fitur drop-down menu untuk session control. dan begitu juga sebaliknya tidak semua fitur FreeNX akan di implementasikan pada Neatx.

Neatx memiliki beberapa fitur canggih utama seperti session creation, suspension, resumption, dan shutdown; mendukung interface untuk Gnome, KDE, application, dan beberapa console sessions; floating window/virtual desktop sessions; full screen, resolution, dan juga keyboard preferences, session shadowing (hanya menggunakan session yang milik anda).

Fitur yang belum ada diantanya adalah mematikan session dari session list; Windows/VNC sessions; dan fungsi sound, printer dan Samba tunneling.

comments powered by Disqus