Gigabit Wifi

October 15, 2008

Reading time ~2 minutes

Seperti yang kita ketahui IEEE baru saja menyelesaikan project 802.11n 100Mbps wireless LAN standard dan baru baru ini mereka menggelar project baru untuk sebuah 1Gbps WLAN standard.

Teknologi ini disebut dengan gigabit Wi-Fi.

Tahun kemarin, Sebuah kumpulan sedang mempelajari Very High Throughput (VHT) bandwith untuk 802.11 WLAN standard untuk mengsupport kapasitas gigabit. Kumpulan ini sedang mencoba mengembangkan 2 gelombang frekuensi, Frekuensi tinggi 60GHz sering digunakan untuk jarak pendek dan di bawah 6GHz untuk penggunaan seperti saat ini misalnya, WLANs dengan menggunakan frequensi 5GHz, 802.11a dan 11n. (untuk lebih detailnya lihat 2008 wireless companies to watch)

Sebuah meeting dilakukan di Hawaii, kelompok ini telah membuat final draft sebuah proposal untuk membuat sebuah standard baru ini. Proposal ini harus mengadopsi dan menerima skala 802.11, yang sudah menjadi standar WLAN.

“Ide dasar saat ini adalah, berdasarkan tujuan yang paling mendasar , maksimum kecepatan yang diharapkan untuk sebuah single link setidaknya akan mencapai 500Mbps,” kata Tushar Moorti, kata direktur systems architecture untuk chip maker Broadcom’s WLAN Business Unit. “Namun untuk kebutuhan mendasar ini device (access point) harus meng supports VHT yang mendukung secara multiple links, sehingga rata rata ini akan mencapai 1Gbps.”

Saat ini, produk produk WLAN sudah mencapai draft 2 dari 802.11n standard secara rata rata troughput bandwith yang mampu di capai dari 130M hingga 150Mbps, terkadang mampu sampai 170Mbps. (untuk lebih detailnya anda dapat membandingkan enterprise WLAN products.)

“Saya rasa kita akan melihat standard [VHT] dalam jangka waktu 2 tahun mendatang, dan produk WLAN dengan teknologi 1 gigabit per second akan hadir dalam waktu 3 tahun,” kata Craig Mathias, seorang principal untuk wireless consultancy Farpoint Group. “dan ini termasuk kejadian yang phenomenal jika ini terjadi.”

Hal ini dilihat secara optimis. Proposal IEEE ini di target kan akan selesai pada 2012-13 untuk model standard. dan untuk hal ini juga banyak pemain besar telah ikut berkecimpung untuk mengembangkan teknologi ini seperti Atheros, Broadcom, Intel, Marvell, Motorola dan Nortel.

“Nantinya generasi baru teknologi wireless LAN ini akan sama dan mirip dengan 11n yang merupakan sebuah follow up dari teknologi 11a/b/g,” kata Broadcom’s Moorti.

comments powered by Disqus