Geforce GTX 295 dengan single PCB

June 16, 2009

Reading time ~1 minute

Geforce GTX 295 TerbaruGeforce GTX 295 Terbaru

Review kali ini adalah Geforce GTX 295 dengan single PCB. Yup benar, ini adalah versi single PCB, berbeda dengan versi terdahulu dari Geforce GTX 295 dengan dual PCB, kali ini Nvidia mengeluarkan tipe single, tipe yang rencananya akan menggantikan versi dual-PCB yang terdahulu.

Layout PCB GTX

Tidak ada yang baru dari single PCB , karena tujuan utama di buat menjadi single adalah untuk  mengirit biaya produksi. Pada Geforce GTX 295 single PCB teknologi tidak ada yang berbeda, baik dari clocks dan thermals, hanya untuk konsumsi daya ada sedikit perbedaan, Geforce GTX 295 single PCB memakan sedikit lebih banyak daya, tetapi ini tidak terlalu berarti karena tidak terpaut banyak dari versi dual PCB. Namun ini adalah tantangan tersendiri bagi Nvidia, bagaimana mereka meletakan 2 GPU terhebat mereka dalam 1 PCB. Persaingannya dengan ATI sepertinya membuat Nvidia harus memutar otak ekstra agar biaya produksi terus ditekan dan versi dual GPU mereka lebih laris manis di bandingkan dengan dual GPU keluaran ATI.

Layout PCB GTX 2 Core

Untuk konsumsi daya Single PCB menghabiskan 411 Watt saat full load, sedangkan untuk dual PCB menghabiskan 406 Watt saat full load. Dan suhunya pun tak ada tidak ada perubahan signifikan, masih sama dengan versi-versi terdahulunya, saat idle pada suhu 42-45 derajat Celsius / 111 Fahrenheit , dan saat full load sekitar 70-75 derajat Celsius / 163 Fahrenheit. Selama masih di bawah 80 derajat Celsius benda gahar yang satu ini masih aman di gunakan ^^ hehe. (spd)

Sumber guru3d

comments powered by Disqus