Garmin-Asus ciptakan GPS Smartphone pertama

February 25, 2009

Reading time ~2 minutes

G60 Linux Powered Smartphone with GPS dari GarminG60 Linux Powered Smartphone with GPS dari Garmin

Garmin-Asus saat ini telah bergabung dan mengumumkan 2 buah produk smartphone nya yang diperkenalkan pada GSM Mobile World Congress sesuai dengan yang dijanjikan, masing masing produk menggunakan 2 jenis operating system yang berbeda, satu Linux dan lainya Microsoft Windows Mobile 6.1 Professional.

Garmin-Asus merupakan gabungan dari perusahaan GPS (global positioning system) device maker Garmin dan Asustek Computer (Asus) untuk membuat smartphone.

Saat ini kedua perusahaan ini sedang merencanakan untuk membuat aplikasi gps smartphones untuk segala jenis OS, termasuk Google Android. 2 handset yang dipamerkan pada Mobile World Congress, yaitu Nuvifone G60 yang merupakan desain terdahulu yang akhirnya berubah menjadi smartphone pertama dari Garmin, sedangakan Nuvifone M20 akan memasuki debut barunya.

Kedua smartphone di desain dengan memiliki fitur location-based service via GPS dan dapat menggunakan software navigation dari Garmin, yang merupakan salahs atu popular GPS maker device dari U.S.

Location-based service pada masing masing handset sudah diberikan Garmin maps dan software yang dapat digaunakan untuk menampilkan berbagai informasi termasuk points of interest, rumah teman, rute terbaik, rute untuk menghindari macet. Selain itu software ini juga mampu mengirimkan informasi lokal yang relevan dengan pengguna, misalnya jadwal bioskop, restoran terdekat dan banyak lagi.

Salah satu fitur lainya yang menarik dari handset ini adalah geotagging untuk photos. Jadi, segala jenis gambar yang diambil dengan menggunakan onboard digital cameras pada 2 Nuvifones ini akan secara otomatis di tag bersamaan dengan tanggal waktu dan data lokasinya. Nuvifone M20 menggunakan 2.8-inch touchscreen dengan resolusi 480×640 dan berjalan pada Microsoft Windows Mobile 6.1 Professional.

Handset ini hadir dengan kapasitas 4GB atau 8GB flash storage untuk musik, gambar dan lainya. Didalamnya juga sudah termasuk Microsoft Office Mobile products seperti Outlook, Excel, Powerpoint dan Word. Memiliki 3.0-megapixel camera yang dapat anda gunakan untuk mengambil video.

Wireless technology juga dimasukan dalam handset ini M20 sudah tri-band GSM (Global System for Mobile communications) dan juga mendukung 3G (third-generation) communication dan data service sampai 7.2Mbps (megabits per second) HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) ataupun Wi-Fi 802.11b/g.

Sedangkan Nuvifone G60, yang telah diumumkan tahun yang lalu menggunakan layar yang lebih besar 3.55-inch touchscreen dengan resolusi 272×480 dan Linux OS. Handset ini terdiri dari 4GB flash memory untuk data storage dan 3.0-megapixel digital camera.

Nuvifone G60 sudah mulai di produksi dan akan hadir di berbagai mobile service provider dalam waktu dekat, sedangkan untuk M20 akan tersedia setelah G60 hadir di pasaran. Informasi harga belum tersedia sampai saat ini.

comments powered by Disqus