Freescale akan hadirkan Android netbook

February 22, 2009

Reading time ~1 minute

Android juga akan hadir dalam bentuk NetBookAndroid juga akan hadir dalam bentuk NetBook

Android adalah OS kenamaan buatan google yang telah berhasil di implementasikan pada mobile device, namun ternyata android memiliki kemampuan lebih, khusus nya pada OS nya, sehingga Freescale Semiconductor baru baru ini mengumumkan kalau mereka akan memasuki dunia netbook market dengan melalui ARM-based processor nya diharapkan dapat merebut pangsa pasar dari Intel Atom processor. Freescale memiliki rencana yang cukup menarik, khususnya bagaimana mendevelop netbook dengan harga yang murah. Selain itu, Netbook ini diharapkan dapat mengadopsi 3G capable technology dengan kisaran harga sekitar $100, Sedangkan untuk system nya bisa didapatkan lebih kurang $200, sehingga ini termasuk lebih murah daripada netbook yang ada saat ini.

Freescale akan menggunakan ARM-based processor yang di claims lebih efisien dibandingkan dengan Intel Atom di beberapa hal. ARM-based processor memiliki efisiensi power yang lebih baik hingga mampu menampung 2x lebih lama dibandingkan processor lain dalam menggunakan batere, selain itu, processor ini jalan pada tempratur yang lebih dingin. ARM Cortex A8 processor merupakan processor yang paling “hottest” yang akan digunakan pada Netbook ini, yang baru baru ini di persentasikan pada CES tahun ini.

Freescale juga akan memfokuskan diri dengan menggunakan open source software Ubuntu, dan juga Google Android yang tadinya dipasarkan hanya untuk mobile phone operating system. Freescale memiliki rencana untuk memasarkan netbooks dengan Google Android platform pada tahun mendatang. Diumumkan melalui press conference di Barcelona.

Saat ini Intel masihh memimpin dan mengusai pasaran dengan produknya Atom processor, namun masih terdapat ruang untuk Netbook yang memiliki power lebih efisien dan harga yang lebih murah.

comments powered by Disqus