Fedora 10 improvement

December 01, 2008

Reading time ~1 minute

Red Hat yang telah mensponsori Fedora Project baru baru ini merelease Fedora 10, Versi terbaru ini dari free Linux-based operating system ini telah banyak disertai berbagai improvements seperti virtualization management, networking, boot time dan security. Release ini juga telah di bundle dengan OpenOffice 3.0, sebagai salah satu open-source productivity suite yang mutakhir saat ini.

Fitur dari virtualization akan memberikan user dengan mudah untuk me manage virtual hosts dan storage secara remote, yang tampaknya fitur ini akan memudahkan para network administrator dengan team yang terbatas.

“These features combine to make administration of remote hosts much easier, even in cases where direct physical access is limited or nonexistent,”

Ungkap Fedora team pada postingan blog di website Red Hat. User juga dapat melakukan share Internet connection dengan yang lainya, Fedora 10 juga memiliki waktu start up yang lebih cepat, berkat adanya new graphical boot system baru yang disebut dengan Plymouth. Fedora 10 juga mengalami Security improvement dengan di tambahkanya SecTool, sebuah tools untuk auditing dan detection kit.

Red Hat juga dilengkapi dengan PackageKit, sebuah tools software installation dan updating system yang sudah dimulai debutnya pada Fedora 9.

“pada Fedora 10, PackageKit sekarang mampu mendeteksi file type saat user membuka audio atau video media file, dan menawarkan search untuk mencari codec untuk memutar file tersebut, dengan user authorization, software ini akan mencari di dalam software repositori yang telah di konfigurasi pada Fedora 10 system, kapabilitas OS ini juga mengalami pengembangan, khususnya untuk font dan application.

comments powered by Disqus