Crack Encrypted WPA dalam 1 Menit

August 31, 2009

Reading time ~1 minute

ciscowrt160nlPara peneliti Jepang baru baru ini menemukan cara untuk melakukan crack dan membongkar WPA (Wireless Protected Access) encryption pada Wi-Fi network hanya dalam ukuran menit within menit. Kobe University Masakatu Morii dan Hiroshima University Toshihiro Ohigashi bersama mengembangkan sebuah sistem serangan praktis yang dapat melakukan exploitatsi vulnerability melalui Temporal Key Integrity Protocol, atau TKIP, yang digunakan WPA. Dengan metode baru ini, cracking wifi menjadi lebih cepat dari yang sebelum sebelumnya yang memakan waktu dari 12 hingga 15 menit dalam sebuah network.

Creator dari tools ini juga mengatakan, kalau metode hacking mereka ini tidak akan berjalan pada WPA2, yang merupakan generasi kedua dari wireless encryption method yang memiliki metode enkripsi melalui Advanced Encryption Standard (AES) sebagai dasar enkripsinya. AES biasanya banyak digunakan untuk permanent storage, seperti flash drives dan Apple FileVault yang ada pada Mac OS X. Secara virtual semua router dan peralatan wifi saat ini telah mensupport 802.11g dan 802.11n juga telah mensupport WPA2.

Kabarnya detail mengenai proses sistem baru ini akan di umumkan pada di Hiroshima conference pada tanggal 25 September. Hingga saat ini juga belum ada indikasi mengenai patch untuk router ataupun Wi-Fi equipment mengenai hal ini.

comments powered by Disqus