Google Cloud ConnectGoogle Cloud Connect

Dikabarkan hampir 10juta orang berpindah menggunakan Google Docs, kenapa demikian ? karena google docs 100% web based, dan selain itu, mereka mampu memberikan fitur kolaborasi pengerjaan dokumen secara real-time hanya dengan menggunakan browser, tampa software yang harus di install, bahkan tampa adanya upgrade. Walaupun demikian pengguna Microsoft Office masih tetap mendominasi karena hingga saat ini pengguna office secara offline memang mendominasi ketimbang yang online. Selain itu memanfaatkan fitur kolaborasi belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh masyarakat.

Dengan demikian, Google mencoba membuat agar user mau berpindah ke google docs, sehingga mereka perlu mengeluarkan sebuah tools untuk dapat melakukan proses transisi ini dengan mudah dari Office ke google cloud. Ternyata Google telah mengakuisisi sebuah perusahaan yang disebut dengan DocVerse 9 bulan yang lalu. Mereka ternyata telah memporting aplikasi buatan DocVerse ini untuk di integrasikan ke infrastruktur Google. Sehingga Google menghasilkan produk baru yang disebut dengan Google Cloud Connect for Microsoft Office. Saat ini mereka telah merilis software ini dan sekarang sedang berada dalam fase early test.

Bagi yang belum menginginkan berpindah ke Google Docs dan masih menginginkan Microsoft Office, Google memberikan fitur Cloud Connect, dimana user dapat melanjutkan menggunakan Office interface pilihan mereka, namun mereka dapat menikmati fitur kolaborasi web-based yang ada pada Google Docs.

Pengguna Office 2003, 2007 dan juga 2010 dapat melakukan sinkronisasi dokumen Office nya ke Google cloud, tampa harus meninggalkan aplikasi Office. begitu tersinkronisasi, dokumen anda sudah terbackup dengan mudah dengan URL unik yang diberikan Google, sehingga dengan demikian, anda dapat mengakses dokumen anda dimana saja, termasuk mobile device melalui Google Docs.

Karena dokumen ini tersimpan didalam Google cloud, maka dokumen ini dengan mudah dapat di share dan di edit secara simultan oleh beberapa orang sekaligus dari Office. Fitur full revision history akan merekam setiap perubahan file yang anda edit dan user dapat mengembalikanya ke versi yang diinginkan hanya dengan 1 klik.

comments powered by Disqus