China miliki super computer tercepat di dunia

November 03, 2010

Reading time ~1 minute

Super Computer TianHeSuper Computer TianHe

Dengan menggunakan NVIDIA Tesla GPU, super komputer ini telah menjadi the World fastest Supercomputer Tianhe-1A saking cepat nya, konsumsi daya yang dibutuhkan untuk menghidupkan komputer canggih ini mampu menghidupi 5000 rumah untuk waktu setahun!

Tianhe-1A, adalah sebuah supercomputer yang baru baru ini di perkenalkan di HPC 2010 China, mesin ini telah menembus tingkat kemampuan komputasinya hingga 2.507 petaflops dengan menggunakan LINPACK benchmark, dengan demikian, mesin ini telah menjadi satu satunya mesin yang tercepat di dunia yang dimiliki oleh China saat ini.

System ini menggunakan 7,168 NVIDIA Tesla M2050 GPU dan juga menggunakan 14,336 CPU, yang pada dasarnya ini membutuhkan lebih dari 50,000 CPU untuk mencapai performance yang sama dengan menggunakan default CPU. System komputasi 2.507 petaflop pada umumnya mengkonsumsi daya hingga 12 megawatt. Namun berkat adanya GPU khusus dan juga menggunakan sistem heterogeneous computing environment, Tianhe-1A hanya mengkonsumsi 4.04 megawatt, membuatnya 3x lebih efisien dibanding dengan teknologi yang ada saat ini, walaupun listrik sebesar ini mampu menghidupkan 5000 rumah hingga 5 tahun. Tianhe-1A di desain oleh National University of Defense Technology (NUDT) di China, dan akan mulai beroprasi sebagai open access system untuk penggunaan komputasi scientific yang sangat besar.

comments powered by Disqus