China berhasil perangi kecanduan game online

April 01, 2009

Reading time ~2 minutes

Pemerintahan China memperhatikan online gamePemerintahan China memperhatikan online game

BEIJING, 20 Maret– Sebagaimana yang kita ketahui, Cina memiliki pemain online game yang berumur di bawah 18 tahun telah menurun sebanyak 15% pada tahun 2008 — ini berarti telah terjadi penurunan sebesar 7% drop pada tahun 2007 yang telah mencapai 183 juta. Menurut survey dari China Youth Social Service Center yang dikeluarkan rabu minggu yang lalu.

Sun Shoushan, seorang deputy chief of the General Administration of Press and Publication, mengatakan di Shanghai pada rabu kemarin kalau program anti-Internet addiction sangat efektif untuk memerangi masyarakat dalam kecanduan online game.

China telah mengembangkan anti-online game addiction system pada bulan july 2007 untuk mengurangi on-line addiction pada masyarakat muda. Semua game operator di China dibatasi untuk mengizinkan usernya untuk bermain game tidak lebih dari 3 jam dalam sehari. Para Online gamers juga diharuskan untuk me register menggunakan nama aslinya sesuai dengan kartu identitasnya untuk menentukan apakah dia di bawah umur 18 atau tidak.

Sehingga nantinya system akan mengurangi jatah harian main game nya dan juga memotong kreditnya jika user tersebut bermain lebih dari 3 jam. Jika user memaksakan untuk bermain lebih dari 5 jam maka pulsa game nya akan habis begitu saja.

Survey juga mengatakan kalau lebih dari 60% anak anak muda merasa puas degnan program anti-addiction system ini.

Sun Shoushan, deputy chief of the General Administration of Press and Publication secara efektif menyusun anti-addiction system ini, General Administration of the Press and Publication akan bekerja sama dengan Ministry of Public Security untuk mengimplementasikan penggunaan nama asli pada bermain online game ini. Hal ini tentunya akan menolong para orang tua untuk mensupervisi anaknya dalam menggunakan Internet dan menjaga agar anaknya tidak menggunakan ID orang tuanya dalam bermain game online.

Saat ini pemerintahan China telah menjalani anti-indulgence system ini pada 107 online games yang terdapat pada 59 game Web sites dan membuat penyesuaian pada 103 game online.

Untuk Indonesia sendiri, Online game masih sudah cukup marak, namun belum ada aksi dari pemerintah untuk berjaga jaga agar terhindar dari pengaruh kecanduan online game.

[Xinhua]

comments powered by Disqus