Cara mudah merubah mac address (Windows)

April 14, 2011

Reading time ~1 minute

Mengganti mac address on the flyMengganti mac address on the fly

Bagi para techies pastinya tau tentang penggunaan network adapter karena didalam network card terdapat alamat mesin yang disebut dengan MAC (Media Access Control) address yang di identifikasi unik untuk setiap mesin. Penggunaan MAC address ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam jenis misalnya beberapa jaringan ada yang mengidentifikasi jaringan dengan mengenali MAC address untuk setiap mesin yang ingin berkomunikasi satu sama lain. Pada dasarnya MAC address ini bersifat permanen dan tidak dapat berubah karena didalamnya sudah di definisikan alamat yang unik seperti halnya fingerprint. Sehingga dulu mengganti MAC address mungkin hal yang sulit untuk dilakukan, namun saat ini tidak lagi. Dengan menggunakan tools free Technitium MAC Address Changer kita dapat mengganti MAC address on the fly.

Walaupun MAseC address telah di tulis secara hard-coded kedalam adapter, secara teknis kita tidak dapat mengganti MAC address tersebut. Namun ada jalan lain dimana kita dapat melakukan “spoof” pada MAC address, dan membuat address dari MAC tersebut akan berbeda dengan yang lainya.

Apa keuntunganya ? simple, jika sistem jaringan memblok anda untuk terhubung ke dalam sistem jaringan tersebut dengan cara menandai mac address anda. Maka anda dapat mengganti mac address tersebut. Cara cara semacam ini biasanya dimanfaatkan untuk membaypass sekuriti jaringan, ataupun juga mendapatkan akses penuh kedalam sistem sebuah jaringan.

Tools ini bersifat gratis dan dapat di download langsung dari web technitium, selain itu salah satu fitur random mac address akan membuat anda tidak perlu pusing mengganti alamat mac address yang terdiri dari bilangan hex tersebut.

comments powered by Disqus