Boeing membangun prototipe missile microwave

May 28, 2009

Reading time ~2 minutes

EMP Missile dari AS, bisa mematikan semua peralatan elektronik!EMP Missile dari AS, bisa mematikan semua peralatan elektronik!

Semakin canggih dan maraknya teknologi yang ada di dunia, perkembangan teknologi senjata pun akan beralih semakin lebih canggih sebut saja banyak peralatan senjata senjata mutakhir saat ini tidak dikendalikan langsung oleh manusia, melainkan dilakukan dengan remote, itu adalah salah satunya, belum lagi US megacorp Boeing baru baru ini mengumumkan kalau mereka sedang membangun senjata baru dengan sebutan “high power microwave (HPM) airborne demonstrator”. Mendengar nama itu mungkin kita jadi jiper duluan, jenis senjata apakah ini ?

Menurut Boeing, bersama dengan perusahaan “Phantom Works” membuat sebuah project untuk mengembangkan sebuah pesawat terbang prototype yang dapat membawa senjata energi microwave yang telah dikembangkan oleh US Air Force Research Laboratory (AFRL). Kata lembaga AFRL senjata ini dibuat untuk mengkounter dan mematikan peralatan elektronik musuh dengan menembakan misil yang berisi muatan microwave yang sangat tinggi atau disebut juga dengan CHAMP (Counter-electronics High power microwave Advanced Missile Project ).

“Kabarnya senjata revolusioner ini tidak berbahaya untuk manusia karena hanya berfungsi untuk melumpuhkan sistem elektronik musuh, dan mengiliminasi collateral damage,” kata Keith Coleman salah satu orang penting dari Phantom Work.

Ada apa dengan bom EMP ?

Ide ini muncul ketika AS mencoba mencari jalan untuk melumpuhkan peralatan elektronik musuh walaupun sementara, dengan menggunakan ledakan gelombang microwave yang tinggi ini dapat dilakukan sehingga peralatan musuh dapat mati secara temporer, ataupun chips nya terbakar hal ini sangat penting bagi AS ketika mereka ingin melumpukan peralatan elektronik seperti air-defence radar, titik komunikasi militer dan lainya. Untuk mencapai itu satu satunya cara adalah menggunakan teknologi electromagnetic pulse (EMP) sebagai pengganti bom nuklir yang selama ini militer AS belum berhasil membuat sebuah bom EMP/HPM yang memiliki efek yang sangat baik tampa harus menggunakan nuklir hingga akhirnya menimbulkan berbagai macam konspirasi teori dan politik di dunia militer AS.

Akhirnya Boeing angkat bicara dengan mendemontrasikan sebuah project yang telah berjalan selama 3 tahun dengan nama “ground and flight demonstration”, dan nampaknya semua pesawat pesawat ini bersifat re-usable – tidak berarti pesawat ini akan ikut hancur saat terjadinya proses pelemahan pada perangkat elektronik, sebagaimana dengan teknologi yang pernah dicoba namun gagal yaitu  electropulse bomb ataupun EMP grenade.

Apa yang terdapat di dalamnya ?

Kabarnya juga senjata microwave ini akan sekaligus menjadi mesin pada pesawat dengan memberikan listrik yang berkekuatan tinggi yang akan memberikan daya listrik yang berpulsa tinggi  – teknologi ini diperkenalkan oleh Sandia National Laboratory, kata Boeing. Sandia telah melakukan beberapa eksperimen dengan menggunakan compact “folded Blumlein” (seukuran kulkas besar) pulsed-power system akan menghasilkan energi listrik sampai 70 gigawatt, yang merupakan sudah menjadi persyaratan untuk kelayakan akan senjata HPM ini.

Sumber: TheRegister

comments powered by Disqus