Bluetooth 4 mulai di adopsi

July 13, 2010

Reading time ~1 minute

Bluetooth 4.0Bluetooth 4.0

Meskipun kompabilitas Bluetooth masih tetap menggunakan versi 2.1 +EDR yang telah ada semenjak pada July, 2007, kali ini Bluetooth Special Interest Group (SIG) telah mengumumkan teknologi bluetooth terbaru yang disebut sebut dengan Bluetooth Core Specification Version 4.0. Versi terbaru ini akan memiliki fitur utama penggunaan teknologi daya yang sangat rendah sebagaimana banyak market saat ini banyak menggunakan device yang memerlukan daya yang rendah untuk konektifitas wireless.

Bluetooth SIG melihat spesifikasi yang baru ini akan menarik perhatian bagi para manufaktur device dalam industri health care, sports dan fitness, security dan home entertainment market dengan memanfaatkan wireless device yang dapat berjalan bertahun tahun dengan menggunakan baterai standard. Spesifikasi yang baru ini menawarkan teknologi ultra-low peak, sehingga rata rata konsumsi daya saat idle dapat dimaksimalkan dengan memanfaatkan pengaturan jarak konektifitas.

SIG juga berharap agar konsumsi daya yang rendah ini akan menjadi fitur unggulan pada versi yang ke 4.0 sebagaimana pada versi sebelumnya, versi 3.0 memiliki data transfer rate yang sangat tinggi dengan adanya standard +HS. Bluetooth 3.0 +HS di adopsi pada April, 2009 yang lalu, menawarkan kecepatan data transfer secara teoritis hingga 24 Mbit/s dengan memanfaatkan 802.11 link namun sayang nya teknologi standard device ini tidak banyak dinikmati oleh para pengembang.

Sebagai langkah akhir dari SIG, para anggota Bluetooth SIG yang mengikuti Bluetooth SIG Qualification Program sudah dapat memberi masukan dan memenuhi kualifikasi produk dengan spesifikasi yang baru dimana mereka dapat melakukan interoperability testing dengan menggunakan spesifikasi baru ini pada SIG 37th testing event, UnPlugFest (UPF) 37, yang akan diadakan pada 4-8 Oktober, 2010, di Barcelona.

comments powered by Disqus