Bisnis Online Storage di Indonesia

August 20, 2008

Reading time ~2 minutes

Bukan cuman di luar negeri saja yang sudah nge tren soal online storage atau zamanya cloud storage, di Indonesia pun sudah mulai marak dengan teknologi ini, jatuh bangun perusahaan online storage di indonesia memiliki cobaan yang tersendiri, mengapa demikian ? hal ini menyangkut dengan privacy dan file yang disimpan di dalam online storage tersebut.

Sebut saja rapidshare banyak saya yakin banyak para member di Indonesia membayar jasa online storage ini untuk saling berbagi tukar files dan links yang ada di dalam online storage ini. Melihat dampak ini, secara tidak langsung budaya p2p pun menjadi berubah, dimana di beberapa negara ISP mereka dengan sengaja memfilter bandwith yang kecil untuk p2p sementara dengan konsep online storage ini pun jadi lain ceritanya, dimana kita tidak membutuhkan p2p untuk mendapatkan file yang kita inginkan, kita hanya butuh masuk kedalam komunitas dimana mereka saling berbagi file file ini.

Mengapa bisnis online storage ini menguntungkan untuk Indonesia ?

Di satu sisi Indonesia memiliki jalur network lokal yang sangat reliable IIX dan untuk hal ini sudah menjadi selayaknya ada lahan bisnis yang bisa dikembangkan khususnya aplikasi khusus pelayanan web seperti online storage, media streaming, dan aplikasi web lainya yang dengan mudah diakses dengan lebih cepat ketimbang di host di luar negri.

Sehingga dengan menumbuhkan budaya bisnis aplikasi pelayanan web ini, akan meningkatkan kesempatan untuk menyewa vps di server Indonesia, meletakan host web di Indonesia dan hal ini kita perhatikan semakin tumbuh terus.

Satu satunya cara untuk saling berbagi pakai files dalam ukuran besar jawabanya adalah online storage, dengan pelayanan semacam ini di Indonesia memudahkan setiap orang untuk tidak membawa data dalam jumlah yang besar kemanapun mereka pergi di sekitar Indonesia.

Bagaimana dengan privasi dan keamanan data ?

Banyak website website online storage ini bangkrut dan gulung tikar, mungkin karena kesempatan dan tekanan mengenai piracy yang sedang di berantas oleh Indonesia.

Untuk hal ini mengapa tidak di berlakukan mekanisme privacy untuk setiap member yang menyimpan storage di server yang telah terdaftar, yaitu dengan merubah naming convention nya dan menggenerate random password di setiap files yang kita upload ?

Kalau hal ini di berlakukan,

  1. Piracy akan hanya terlihat dari 1 to 1 person dimana si pemberi jasa pelayanan tidak akan mengetahui apa isi file nya ( karena random naming convention dan archive password ) dan tidak bisa men judge apakah ini data piracy atau bukan ?
  2. Diberlakukan sebuah aturan jika ditemukan data yang bersifat piracy data itu otomatis akan di hapus tampa konfirmasi ke user (karena sang perusahaan juga harus mendukung anti piracy), dan hal ini hanya bisa di track dari naming convention yang ada di dalam file nya dan password archive yang diberikan oleh si peng upload files ( karena ini bagian dari privacy user/member)
  3. Pertukaran data otomatis akan lebih cepat
  4. dan bisnis pelayanan ini pun akan laris manis.
comments powered by Disqus